Istana Kadriah, Kesultanan Islam Cikal Bakal Pontianak

Untuk sebuah keperluan dinas dan keluarga,  sehari sebelum pecah perseteruan massa Bela Ulama vs Masa Pembela Gubernur Cornelis, saya berkesempatan mengunjungi kota Pontianak.

Cikal bakal kota Pontianak adalah Istana Kadriah dan Masjid Syarif Abdurrahman. Dua bangunan serba kayu tersebut didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie (1738M-1808M), putra Al Habib Husein seorang keturunan Rasul dari Yaman, penyebar agama Islam yang semula berdomisili di Pulau Jawa (kota Semarang).

Al Habib Husein datang ke kerajaan Matan (sekarang Kabupaten Ketapang) pada 1733 Masehi dan kemudian menikahi Nyai Tua, putri Raja Matan Sultan Kamaludin.

Oleh Sultan, Habib Husein Alkadri diangkat sebagai mufti (hakim agama) Kerajaan Matan dan menjadi ulama terkemuka di Mempawah. Dengan demikian, dari garis keturunannya Syarif Abdurrahman Alkadrie merupakan seorang penyiar Islam.

Sepeninggal ayahnya Habib Husein Alkadri pada 1770 M, Syarif Abdurrahman bersama keluarganya memutuskan mencari daerah pemukiman baru dengan maksud untuk menyebarkan agama Islam secara lebih luas.

Pada 1771  Syarif Abdurrahman melakukan perjalanan  dari Mempawah dengan menyusuri sungai Kapuas. Ia didampingi serombongan orang yang terangkut dalam 14 perahu. Ketika sampai di muara persimpangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak pada 23 Oktober 1771, rombongan ini berhenti, kemudian membuka dan menebas hutan untuk di jadikan pemukiman baru. … Next 2 >

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER