Istana Kadriah, Kesultanan Islam Cikal Bakal Pontianak


Untuk sebuah keperluan dinas dan keluarga,  sehari sebelum pecah perseteruan massa Bela Ulama vs Masa Pembela Gubernur Cornelis, saya berkesempatan mengunjungi kota Pontianak.

Cikal bakal kota Pontianak adalah Istana Kadriah dan Masjid Syarif Abdurrahman. Dua bangunan serba kayu tersebut didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie (1738M-1808M), putra Al Habib Husein seorang keturunan Rasul dari Yaman, penyebar agama Islam yang semula berdomisili di Pulau Jawa (kota Semarang).

Al Habib Husein datang ke kerajaan Matan (sekarang Kabupaten Ketapang) pada 1733 Masehi dan kemudian menikahi Nyai Tua, putri Raja Matan Sultan Kamaludin.

Oleh Sultan, Habib Husein Alkadri diangkat sebagai mufti (hakim agama) Kerajaan Matan dan menjadi ulama terkemuka di Mempawah. Dengan demikian, dari garis keturunannya Syarif Abdurrahman Alkadrie merupakan seorang penyiar Islam.

Sepeninggal ayahnya Habib Husein Alkadri pada 1770 M, Syarif Abdurrahman bersama keluarganya memutuskan mencari daerah pemukiman baru dengan maksud untuk menyebarkan agama Islam secara lebih luas.

Pada 1771  Syarif Abdurrahman melakukan perjalanan  dari Mempawah dengan menyusuri sungai Kapuas. Ia didampingi serombongan orang yang terangkut dalam 14 perahu. Ketika sampai di muara persimpangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak pada 23 Oktober 1771, rombongan ini berhenti, kemudian membuka dan menebas hutan untuk di jadikan pemukiman baru. … Next 2 >

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Inilah Tulisan AR Baswedan Bantah Tudingan Gerakan Islam Bertentangan dengan Pancasila

AR Baswedan menyebut, pihak-pihak yang sering mempertentangan gerakan Islam dengan Pancasila justru adalah pihak-pihak yang pada hakikatnya tidak paham Pancasila. Justru sebaliknya, pemuka-pemuka ahli pikir Islam memberi pengertian-pengertian yang baik tentang Pancasila yang keluar dari keyakinan yang kuat.

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

TERPOPULER

close