Bagaimana Agama Menyebar Keseluruh Dunia

1
536

Sebuah video animasi yang diliris Business Insider yang menggambarkan sejarah kemunculan dan penyebaran agama-agama dunia dari masa-kemasa dan semua agama berkembang dan menyebar dimulai dari wilayah dimana agama itu pertama sekali muncul.

Agama tersebar dengan ritme yang berbeda dimana ada yang berkembang secara perlahan-lahan dan ada yang berkembang dengan pesat dan kemudian menyusut diwilayah-wilayah tertentu.

Islam; 640 M, berkembang dengan pesat, penyebaran Islam belangsung diwilayah jazirah Arab dan Afrika Utara dan kemudian masuk Spanyol. Hanya butuh waktu beberapa abad untuk bisa sampai ke Asia Tengah.

Yang menarik, agama Kristen muncul di Yerussalem, akan tetapi penyebarannya bukan dimulai dari Yerussalem akan tetapi dimulai dari wilayah Eropa bagian Selatan; Italia, Turki dan Spanyol. Sedangkan Yerussalem sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus tidak terlihat penyebaran agama Kristen.

Penyebaran agama Kristen baru dimulai keseluruh wilayah Eropa setelah Islam masuk Spanyol. Sedangkan wilayah Turki yang sebelumnya didominasi Kristen mulai digantikan oleh Islam.

Kristen masuk ke Afrika Selatan menjelang abad ke 10 dan Benua Amerika menjelang abad 20.

Hindu merupakan agama yang sudah cukup tua, tapi penyebarannya; 3000 SM – 500 SM dan penyebarannya hanya di wilayah India dan inipun digerogoti oleh perkembangan agama Budha yang berkembang dari 500 SM – 0 M.

Berhentinya penyebaran agama Hindu dan Budha bukan karena munculnya agama baru yang bernama Kristen, karena Kristen baru dikenal di wilayah Eropa bagian Selatan.

Agama Yahudi yang dimulai sekitar 2000 SM adalah agama yang tidak berkembang. Dia berkembang hanya disekitaran Israel, Lebanon dan Sirya, kemudian kembali menyusut di wilayah Israel. (Hrn)

Oleh: Syamsul Arham

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...