Bagaimana Agama Menyebar Keseluruh Dunia


Sebuah video animasi yang diliris Business Insider yang menggambarkan sejarah kemunculan dan penyebaran agama-agama dunia dari masa-kemasa dan semua agama berkembang dan menyebar dimulai dari wilayah dimana agama itu pertama sekali muncul.

Agama tersebar dengan ritme yang berbeda dimana ada yang berkembang secara perlahan-lahan dan ada yang berkembang dengan pesat dan kemudian menyusut diwilayah-wilayah tertentu.

Islam; 640 M, berkembang dengan pesat, penyebaran Islam belangsung diwilayah jazirah Arab dan Afrika Utara dan kemudian masuk Spanyol. Hanya butuh waktu beberapa abad untuk bisa sampai ke Asia Tengah.

Yang menarik, agama Kristen muncul di Yerussalem, akan tetapi penyebarannya bukan dimulai dari Yerussalem akan tetapi dimulai dari wilayah Eropa bagian Selatan; Italia, Turki dan Spanyol. Sedangkan Yerussalem sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus tidak terlihat penyebaran agama Kristen.

Penyebaran agama Kristen baru dimulai keseluruh wilayah Eropa setelah Islam masuk Spanyol. Sedangkan wilayah Turki yang sebelumnya didominasi Kristen mulai digantikan oleh Islam.

Kristen masuk ke Afrika Selatan menjelang abad ke 10 dan Benua Amerika menjelang abad 20.

Hindu merupakan agama yang sudah cukup tua, tapi penyebarannya; 3000 SM – 500 SM dan penyebarannya hanya di wilayah India dan inipun digerogoti oleh perkembangan agama Budha yang berkembang dari 500 SM – 0 M.

Berhentinya penyebaran agama Hindu dan Budha bukan karena munculnya agama baru yang bernama Kristen, karena Kristen baru dikenal di wilayah Eropa bagian Selatan.

Agama Yahudi yang dimulai sekitar 2000 SM adalah agama yang tidak berkembang. Dia berkembang hanya disekitaran Israel, Lebanon dan Sirya, kemudian kembali menyusut di wilayah Israel. (Hrn)

Oleh: Syamsul Arham

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close