Bagaimana Agama Menyebar Keseluruh Dunia

1
688
  • 39
    Shares

Sebuah video animasi yang diliris Business Insider yang menggambarkan sejarah kemunculan dan penyebaran agama-agama dunia dari masa-kemasa dan semua agama berkembang dan menyebar dimulai dari wilayah dimana agama itu pertama sekali muncul.

Agama tersebar dengan ritme yang berbeda dimana ada yang berkembang secara perlahan-lahan dan ada yang berkembang dengan pesat dan kemudian menyusut diwilayah-wilayah tertentu.

Islam; 640 M, berkembang dengan pesat, penyebaran Islam belangsung diwilayah jazirah Arab dan Afrika Utara dan kemudian masuk Spanyol. Hanya butuh waktu beberapa abad untuk bisa sampai ke Asia Tengah.

Yang menarik, agama Kristen muncul di Yerussalem, akan tetapi penyebarannya bukan dimulai dari Yerussalem akan tetapi dimulai dari wilayah Eropa bagian Selatan; Italia, Turki dan Spanyol. Sedangkan Yerussalem sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus tidak terlihat penyebaran agama Kristen.

Penyebaran agama Kristen baru dimulai keseluruh wilayah Eropa setelah Islam masuk Spanyol. Sedangkan wilayah Turki yang sebelumnya didominasi Kristen mulai digantikan oleh Islam.

Kristen masuk ke Afrika Selatan menjelang abad ke 10 dan Benua Amerika menjelang abad 20.

Hindu merupakan agama yang sudah cukup tua, tapi penyebarannya; 3000 SM – 500 SM dan penyebarannya hanya di wilayah India dan inipun digerogoti oleh perkembangan agama Budha yang berkembang dari 500 SM – 0 M.

Berhentinya penyebaran agama Hindu dan Budha bukan karena munculnya agama baru yang bernama Kristen, karena Kristen baru dikenal di wilayah Eropa bagian Selatan.

Agama Yahudi yang dimulai sekitar 2000 SM adalah agama yang tidak berkembang. Dia berkembang hanya disekitaran Israel, Lebanon dan Sirya, kemudian kembali menyusut di wilayah Israel. (Hrn)

Oleh: Syamsul Arham

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU