Wakil Ketua MPR: NKRI Ada Berkat Tokoh dan Partai Islam

0
50
hidayat nur wahid
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid menyampaikan ceramah menjelang salat Tarawih di Masjid Al-Hikmah, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Rabu, 21/6/2017. (Foto: SERUJI/Brasto)

JAKARTA – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ada sampai saat ini karena peran tokoh dan partai Islam.

“Jika tidak ada Mohammad Nasir dan Partai Islam Masyumi kita mungkin tidak menjadi NKRI,” ujar Hidayat saat menyampaikan ceramahnya menjelang salat tarawih di Masjid Al-Hikmah, Jalan Bangka 2 No. 24, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Rabu (21/6).

Hidayat mengatakan bahwa tokoh Partai Masyumi Nasir menyerukan Indonesia untuk menjadi NKRI dan kembali ke UUD 1945 pada tanggal 3 April 1950. Disebutkannya bahwa kala itu Indonesia masih menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS).

“Ada Negara Sumatera Timur, Negara Sumatera Selatan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Dayak Besar. Negara Republik Indonesia hanya satu bagian dari 16 negara di RIS,” ungkap Doktor Universitas Islam itu.

Dalam kesempatan ceramahnya, Ketua MPR periode 2004-2009 itu mengatakan, umat Islam kini juga menjadi incaran radikalisme dan terorisme.

“Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan bahwa aksi penabrakan jamaah salat Tarawih di London sebagai aksi radikalisme dan terorisme,” ujar nya.

Selain Hidayat, ceramah menjelang tarawih pada hari itu juga dilakukan oleh Abdul Muiz yang membahas keutamaan lailatul qadar dan harapan bahwa malam tersebut adalah malam lailatul qadar.

Masjid Al-Hikmah dipenuhi oleh lebih dari 500 jamaah warga sekitar dan warga luar Pela Mampang pada malam itu meski sempat hujan saat Maghrib.

Pantauan SERUJI malam itu, jumlah jamaah di malam ke-27 Ramadhan di Masjid Al-Hikmah merupakan yang terbanyak dibanding malam-malam Ramadhan sebelumnya pada tahun ini.

Pada malam itu, imam-imam penghapal Quran Masjid Al-Hikmah seperti Abdul Muiz, Sayyid Qutb, Rizki, dan Abu Ala Al-Maududi memimpin salat Tarawih juz ke-30 dan salat Witir yang disertai doa khatam Quran.

Pada malam-malam sebelumnya, Masjid Al-Hikmah telah menyelesaikan salat-salat Tarawih dengan bacaan surat sejak juz ke-1 sampai dengan juz ke-29. (Brasto/IwanY)

Komentar

BACA JUGA

Serang Markas Tentara Afghanistan, Gerilyawan Taliban Tewaskan 18 Orang

LASHKAR GAH, SERUJI.CO.ID - Serangkaian serangan petempuran di Afghanistan menewaskan lebih dari 20 orang, kata pejabat pada Selasa (20/2). Serangan tersebut terjadi menjelang penyelenggaraan pertemuan...
madura united

Fabiano Terpeleset Sebabkan Madura United Kalah dari Persebaya

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Fabiano Beltrame terpeleset saat melakukan eksekusi penalti dan bola tendangannya melayang di atas mistar Persebaya, sehingga Madura United menelan kekalahan pada...
madura united

Kalah dari Persebaya, Mario Gomes Lakukan Evaluasi Tim Madura United

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Pelatih Madura United FC Mario Gomes De Oliviera menyatakan, dirinya perlu melakukan evaluasi terhadap tim secara menyeluruh setelah dikalahkan Persebaya Surabaya...

Menang Atas Benevento, Inter Milan Peluang Lolos Fase Grup Liga Champions

MILAN, SERUJI.CO.ID - Gol-gol di babak kedua dari dua bek tengah Milan Skriniar dan Andrea Ranocchia membawa Inter Milan menang 2-0 atas tamunya yang...

Menang Telak, Suarez Cetak Tiga Gol di Gawang Girona

BARCELONA, SERUJI.CO.ID - Para penyerang Barcelona Lionel Messi, Philippe Coutinho, dan Luis Suarez bekerja sama dengan apik dan menang 6-1 atas Girona pada Sabtu...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...