Selama Ramadhan, Masjid Seribu Tiang Bagikan Ratusan Takjil Setiap Hari


JAMBI, SERUJI.CO.ID – Masjid Agung Al Falah atau lebih dikenal sebagai masjid seribu tiang di Provinsi Jambi bagikan makanan gratis untuk para majelis dan musyafir.

Setiap harinya pengurus masjid itu sediakan 100 sampai 150 paket makanan untuk berbuka puasa. Terdiri dari minuman penambah energi, nasi kotak atau nasi bungkus dan takjil.

“Setiap harinya takjil yang disediakan hampir kekurangan, karena banyak musyafir yang singgah jelang berbuka puasa, selain itu jumlah majelis taklim yang berbuka puasa di masjid semakin bertmambah” kata pengurus Masjid Al Falah Jambi, Ratnawati di Jambi, Rabu (15/5).

Takjil yang disediakan oleh pengurus masjid itu merupakan bantuan dari pemerintah provinsi. Selain berikan takjil gratis, pengurus masjid itu juga menerima donasi takjil untuk di bagikan secara gratis kepada majelis taklim dan musyafir yang berbuka puasa di masjid itu.

Berbagi takjil gratis tersebut telah dilakukan di masjid itu sejak puluhan tahun silam.
“Sudah sangat lama tradisi ini berlangsung, saya bekerja menjadi pengurus masjid ini sudah 15 tahun, sementara tradisi ini sudah dilakukan jauh sebelum saya bekerja,” kata Ratnawati.

Di masjid itu juga disediakan makanan ringan bagi siapapun yang melakukan tadarusan di masjid itu.

Selain itu, ibadah tarawih di masjid itu juga tergolong cukup unik. Ayat yang dibaca untuk ibadah sholat tarawih setiap malamnya sebanyak satu juz. Jika terdapat 30 hari puasa Ramadhan, maka dalam satu bulan ibadah tarawih di masjid itu mampu menyelesaikan 30 juz.

“Di malam terakhir tarawih kita selalu hataman, dan ini telah berlangsung cukup lama, sama seperti berbagi takjil gratis itu,” kata Ratnawati.

Masjid Al Falah tersebut dikenal sebagai masjid seribu tiang dikarenakan terdapat ratusan tiang penyangga di masjid itu. selain itu masjid tersebut tidak memiliki dinding, sehingga ratusan tiang penyangga masjid itu tampak dari kejauhan.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close