Selama Ramadhan, Masjid Seribu Tiang Bagikan Ratusan Takjil Setiap Hari

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Masjid Agung Al Falah atau lebih dikenal sebagai masjid seribu tiang di Provinsi Jambi bagikan makanan gratis untuk para majelis dan musyafir.

Setiap harinya pengurus masjid itu sediakan 100 sampai 150 paket makanan untuk berbuka puasa. Terdiri dari minuman penambah energi, nasi kotak atau nasi bungkus dan takjil.

“Setiap harinya takjil yang disediakan hampir kekurangan, karena banyak musyafir yang singgah jelang berbuka puasa, selain itu jumlah majelis taklim yang berbuka puasa di masjid semakin bertmambah” kata pengurus Masjid Al Falah Jambi, Ratnawati di Jambi, Rabu (15/5).

Takjil yang disediakan oleh pengurus masjid itu merupakan bantuan dari pemerintah provinsi. Selain berikan takjil gratis, pengurus masjid itu juga menerima donasi takjil untuk di bagikan secara gratis kepada majelis taklim dan musyafir yang berbuka puasa di masjid itu.

Berbagi takjil gratis tersebut telah dilakukan di masjid itu sejak puluhan tahun silam.
“Sudah sangat lama tradisi ini berlangsung, saya bekerja menjadi pengurus masjid ini sudah 15 tahun, sementara tradisi ini sudah dilakukan jauh sebelum saya bekerja,” kata Ratnawati.

Di masjid itu juga disediakan makanan ringan bagi siapapun yang melakukan tadarusan di masjid itu.

Selain itu, ibadah tarawih di masjid itu juga tergolong cukup unik. Ayat yang dibaca untuk ibadah sholat tarawih setiap malamnya sebanyak satu juz. Jika terdapat 30 hari puasa Ramadhan, maka dalam satu bulan ibadah tarawih di masjid itu mampu menyelesaikan 30 juz.

“Di malam terakhir tarawih kita selalu hataman, dan ini telah berlangsung cukup lama, sama seperti berbagi takjil gratis itu,” kata Ratnawati.

Masjid Al Falah tersebut dikenal sebagai masjid seribu tiang dikarenakan terdapat ratusan tiang penyangga di masjid itu. selain itu masjid tersebut tidak memiliki dinding, sehingga ratusan tiang penyangga masjid itu tampak dari kejauhan.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER