PANDAI Mengawali Kegiatan Sebelum Pilkada Jakarta

JAKARTA – Sejak kemarin Selasa (18/4) suasana Pilkada DKI Jakarta begitu terasa. Mulai dari persiapan keamanan, hingga pesiapan pembuatan TPS. Begitu pula hampir seluruh masjid yang berada di ibu kota Negara Republik Indonesia ini menyiapkan penyelenggaraan sholat subuh berjama’ah dan tabligh akbar setelah sholat subuh yang dilakukan menjelang Pilkada.

Masjid Jami’ Al Hayah yang berada di RT 09 RW 04, kelurahan Kotabambu Selatan, kecamatan Palmerah, Jakarta Barat turut pula menyelenggarakan sholat subuh berjamaah dan tabligh akbar.

Sholat subuh berjama’ah dan tabligh akbar merupakan salah satu rentetan kegiatan yang memang sengaja disiapkan oleh pengurus DKM Masjid Jami’ Al Hayah menjelang pilkada esok hari.

Selepas Isya, ada kegiatan PANDAI (Panduan Dasar Islam) yang mirip dengan pesantren kilat yang menghadirkan ratusan remaja putera dan puteri di sekitar masjid Jami’ Al Hayah dengan durasi satu hari. Hal ini disampaikan oleh, Agus Setiawan, ketua bidang Kepemudaan, masjid Jami’ Al Hayah.

“Kami memang memiliki kegiatan rutin setiap 4 bulan yaitu PANDAI. Ini sudah kali ke-2 kami mengadakan. PANDAI merupakan kegiatan sekaligus perekrutan remaja sekitar masjid, yang berisi tentang pemberian pemahaman ke-Islaman sejak dini kepada remaja-remaja sekitar masjid,” ujar Agus saat diwawancarai oleh SERUJI.

“Hanya saja kegiatan PANDAI kali ini kebetulan bertepatan satu hari sebelum Pilkada DKI Jakarta putaran kedua,” tambahnya.

Setelah kegiatan PANDAI berakhir tepat setelah sholat Isya tadi malam, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan masjid berikutnya yaitu sholat tahajud berjama’ah, yang dimulai tepat pukul 2.30 dinihari Rabu (19/4) dan berakhir tepat pukul 04.00 WIB.

Selanjutnya kegiatan diteruskan dengan sholat subuh berjama’ah dan tabligh akbar yang menghadirkan penceramah yaitu K.H. Ahmad Syafe’i Mustawa. Jama’ah yang hadir pada kegiatan tabligh akbar tersebut sekitar seribuan orang, yang datang dari masyarakat sekitar RW setempat dan dari luar. Selanjutnya rangkaian kegiatan masjid Jami’ Al Hayah ditutup dengan acara sarapan bersama tepat pukul 06.00 WIB.

 

CJ : Jarot Sumarjono
EDITOR: Iwan S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER