Kemcer Di Curug Cipeteuy

Bogor adalah salah satu lokasi favorit liburan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Selain karena jaraknya yang relatif dekat, Bogor juga mempunyai banyak daerah wisata yang bisa dikunjungi untuk berkemah. Kemcer atau kemping ceria sangat mungkin dilakukan bersama keluarga.

Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk kemcer adalah Curug Cipeteuy. Meskipun dekat dengan curug atau air terjun, tapi di tempat ini ada hutan pinus yang cukup luas untuk berkemah/kemping.

Curug Cipeteuy terletak di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Curug ini berada di kaki Gunung Salak. Jadi lumayan dingin suhunya dan tentunya air terjunnya. Selain itu, bersebelahan dengan lokasi Curug Cipeteuy, terdapat Situs Sejarah, yaitu Situs Cibalay.

Untuk bisa sampai ke tempat ini dari stasiun Bogor, ada 3 rute yang dapat dipilih, yaitu melalui jalan Raya Ciapus, jalan Curug Luhur Indah atau jalan Raya Sukaresmi. Lebih jelas bisa di lihat di peta.

Jarak lokasi parkir kendaraan roda 4 dengan lokasi kemcer adalah sekitar 2,5 km, sedangkan untuk kendaraan roda 2 bisa parkir lebih dekat sekitar 1 km ke lokasi kemcer, yaitu gerbang masuk kawasan Curug Cipeteuy yang biaya masuk perorangnya adalah 15 ribu atau 25 ribu untuk yang bermalam.

Untuk dapat ke hutan pinus, harus dilalui dengan berjalan kaki sekitar 15 sampai 20 menit dengan jalan berupa tanjakan dan turunan.

Setelah cukup lelah treking, kita dapat menikmati udara segar dan pemandangan memanjakan mata.

Menurut info, di Curug Cipeteuy ini ada 8 curug, tetapi hanya 2 yang jalurnya sudah jelas. Jarak dari hutan pinus ke curug pertama dekat sekali, hanya sekitar 100 meter, sedangkan untuk ke curug kedua sekitar 500 meter.

Fasilitas yang ada di tempat ini cukup lengkap yaitu toilet, tempat sampah, juga warung yang meski tidak buka 24 jam, bisa melengkapi kebutuhan pangan pengunjung. Selain itu, di warung ini juga menyediakan penyewaan Hammock seharga 10 ribu untuk pengunjung yang pulang pergi, dan 20 ribu untuk yang bermalam.

Dengan modal hammock saja, sebenarnya sudah cukup menyenangkan. Tapi akan lebih menarik lagi apabila kemcer dengan keluarga, memasak makanan sendiri, juga mandi air curug yang dingin di pagi hari. Suatu pengalaman luar biasa yang sulit didapatkan di kota-kota besar.

Jadi untuk yang mau kemcer di tempat ini, persiapkan peralatan dan perlengkapan dengan baik ya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.