Kemcer Di Curug Cipeteuy

Bogor adalah salah satu lokasi favorit liburan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Selain karena jaraknya yang relatif dekat, Bogor juga mempunyai banyak daerah wisata yang bisa dikunjungi untuk berkemah. Kemcer atau kemping ceria sangat mungkin dilakukan bersama keluarga.

Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk kemcer adalah Curug Cipeteuy. Meskipun dekat dengan curug atau air terjun, tapi di tempat ini ada hutan pinus yang cukup luas untuk berkemah/kemping.

Curug Cipeteuy terletak di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Curug ini berada di kaki Gunung Salak. Jadi lumayan dingin suhunya dan tentunya air terjunnya. Selain itu, bersebelahan dengan lokasi Curug Cipeteuy, terdapat Situs Sejarah, yaitu Situs Cibalay.

Untuk bisa sampai ke tempat ini dari stasiun Bogor, ada 3 rute yang dapat dipilih, yaitu melalui jalan Raya Ciapus, jalan Curug Luhur Indah atau jalan Raya Sukaresmi. Lebih jelas bisa di lihat di peta.

Jarak lokasi parkir kendaraan roda 4 dengan lokasi kemcer adalah sekitar 2,5 km, sedangkan untuk kendaraan roda 2 bisa parkir lebih dekat sekitar 1 km ke lokasi kemcer, yaitu gerbang masuk kawasan Curug Cipeteuy yang biaya masuk perorangnya adalah 15 ribu atau 25 ribu untuk yang bermalam.

Untuk dapat ke hutan pinus, harus dilalui dengan berjalan kaki sekitar 15 sampai 20 menit dengan jalan berupa tanjakan dan turunan.

Setelah cukup lelah treking, kita dapat menikmati udara segar dan pemandangan memanjakan mata.

Menurut info, di Curug Cipeteuy ini ada 8 curug, tetapi hanya 2 yang jalurnya sudah jelas. Jarak dari hutan pinus ke curug pertama dekat sekali, hanya sekitar 100 meter, sedangkan untuk ke curug kedua sekitar 500 meter.

Fasilitas yang ada di tempat ini cukup lengkap yaitu toilet, tempat sampah, juga warung yang meski tidak buka 24 jam, bisa melengkapi kebutuhan pangan pengunjung. Selain itu, di warung ini juga menyediakan penyewaan Hammock seharga 10 ribu untuk pengunjung yang pulang pergi, dan 20 ribu untuk yang bermalam.

Dengan modal hammock saja, sebenarnya sudah cukup menyenangkan. Tapi akan lebih menarik lagi apabila kemcer dengan keluarga, memasak makanan sendiri, juga mandi air curug yang dingin di pagi hari. Suatu pengalaman luar biasa yang sulit didapatkan di kota-kota besar.

Jadi untuk yang mau kemcer di tempat ini, persiapkan peralatan dan perlengkapan dengan baik ya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Akibat drg Masrial Ditahan Kejari, Operasi Gratis Bibir Sumbing 40 Pasien Ini Terancam Batal

Akibat penahanan drg. Masrial, pelaksanaan operasi gratis bibir sumbing di Bengkulu terancam batal.