Muslim Klaten hari ini telah menampakkan ukhuwahnya dalam aksi damai selamatkan Palestina di masjid Al-Aqsho Klaten, Ahad (10/12). Berbagai elemen muslim klaten yang berasal dari berbagai ormas islam dan parpol menghadiri acara ini tak terkecuali Banser.
Selain Banser beberapa elemen muslim yang hadir diantaranya MUI, FUI, Muhammadiyah, NU, PKS, FPI, sekolah-sekolah islam seperti Ibnu Abbas dan banyak lagi elemen muslim lainnya.

Acara yang diselenggarakan oleh Lazkar Islam Klaten Mujahid Mujahidah 2.12 ini dimulai jam 08.00 sampai jam 11.00 beragendakan aksi damai, taushiyah dari ulama dan para tokoh masyarakat klaten, pembacaan sikap dan ditutup dengan doa bersama.

Muslimah juga ikut berpartisipasi ( Foto : SERUJI)

Salah satu pengisi taushiyah dari unsur ulama adalah Ketua MUI Klaten Hartoyo, dalam orasinya beliau menekankan bahwa kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 800-an peserta ini merupakan aksi yang mempunyai 4 tujuan :
1. Prihatin dengan kondisi yang terjadi di Palestina sekarang ini
2. Mendoakan saudara muslim Palestina
3. Mengutuk presiden Trump yang akan menjadikan Yerussalem sebagai ibukota Israel
4. Memberikan bantuan apapun yang bisa diberikan kepada saudara seiman di Palestina.

loading...

Hartoyo juga menekankan pentingnya persatuan umat dan ukhuwah diantara sesama muslim sehingga bila ada satu muslim yang merasakan sakit maka muslim yang lainpun akan pula merasakan sakit dan tergugah ustuk menolong.

“Sesama muslim seperti bangunan yang berdiri kokoh, jadi dari berbagai unsur ikut menegakkan bangunan itu. atau seperti tubuh yang satu, satu anggota tubuh yang sakit seluruh tubuh yang lain akan merasakan sakit” ujarnya.

Selain tokoh ulama ada juga tokoh masyarakat klaten yang juga memberika orasi dan mengkampanyekan pentingnya ukhuwah diantara sesama muslim agar martabat islam terjaga.

Maskuri Nanang salah satu unsur Tokoh Klaten yang merupakan mantan Anggota DPRD Klaten dari PKS menyatakan bahwa “ Allah satukan kita dengan pernyataan Donald Trump, bisa jadi ini adalah skenario Allah untuk menyadarkan kita bahwa agama ini memanggil kita untuk terlibat dan menjaga izzah islam”.

Nanang mengingatkan bahwa momentum keputusan sepihak Trump ini bisa jadi merupakan pintu gerbang persatuan umat islam internasional.

“Nasehat para ulama: kalau Allah sudah bukakan satu pintu maka jangan tutup lagi pintu itu, teruskan!, teruskan kejayaan umat ini dengan ukhuwah diantara kita”, ajaknya.

Kalimat tersebut disambut pekikan takbir dar hampir seluruh peserta yang menggema dilingkungan masjid Al-Aqsho “ Allahu Akbar!, Allahu Akbar!”

Liputandan foto : Ayun

Tulisan terbaru Endang Sulis (semua)

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya.
SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan ini, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
SERUJI berhak untuk membatalkan penayangan hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan.
Untuk pengaduan email ke redaksi@seruji.co.id.

Komentar

BACA JUGA

Agenda Sidang Perdana PK Ahok Terkait Pembacaan Memori

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) kasus penodaan agama dengan terpidana mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara,...
Suap

Suap APBD Jambi, Anggota DPRD Mulai Diperiksa

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi menjalani pemeriksaan di Pengadilan Tipikor untuk tiga terdakwa kasus suap APBD Provinsi Jambi 2018 senilai Rp3,4 miliar. Berdasarkan...

PBB: Badai Ancam Jutaan Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh

NEW YORK, SERUJI.CO.ID - Musim badai yang akan tiba mengancam lebih dari 1,5 juta pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar di kamp pengungsi Bangladesh selain sebanyak...

Mini Market 212 Mart Kembali Buka Gerai di Tangerang

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Mini market 212 Mart, yang dikembangkan Koperasi Syariah 212 membuka gerai keempatnya di Banjar Wijaya Kota Tangerang, Banten. "Sangat sulit untuk menunjukkan eksistensi...

Ribuan Jiwa di Kuningan Mengungsi Akibat Longsor

KUNINGAN, SERUJI.CO.ID - Ribuan jiwa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terpaksa mengungsi akibat di daerahnya terkena longsor dan pergerakan tanah yang merusak tempat tinggal mereka. "Yang...
loading...
Light at the end of the tunnel

Garis 8: Hak Asasi Manusia di Hadapan Tuhan

Saat ini banyak manusia yang menuntut agar “berhak segalanya". Apapun yang dikehendaki tak boleh dilarang, dengan sekedar alasan “tokh, tidak ganggu orang lain”. Maka,...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...