Sekitar setengah tahun belakangan ini masjid agung Baiturrahman Sukoharjo diratakan dengan tanah. Sebelumnya kompleks masjid tersebut suasananya asri, banyak pohon di halaman masjid yang dibawahnya dibangun tempat duduk permanen. Banyak pedagang keliling yang jualan disitu sehingga kita bisa beli makanan dan minuman dan menikmatinya sambil duduk-duduk santai.

Rupanya masjid tersebut sedang direnovasi, sebelum diratakan dengan tanah bangunan masjidnya masih kokoh, mungkin pertimbangan pemkab merenovasinya selain untuk memperluas bangunan masjid juga untuk memperindah arsitektur bangunannya.

 

Loading...

Tampak masjid agung Baiturrahman Sukoharjo yang maaih dalam proses renovasi, foto diambil selasa (5/12).

Tadi malam saat saya dan keluarga sedang makan malam di luar rumah, di bangunan sebrang jalan dari lokasi kami makan tampak ada pengajian, sambil makan saya mengamati ternyata tempat pengajian tersebut adalah lokasi sementara masjid agung Baiturrahman.

 

Lokasi sementara masjid agung Baiturrahman yang sedang mengadakan acara pengajian,  foto diambil Senin malam (4/12)

Hebat, renovasi bukanlah penghalang bagi takmir masjid untuk terus melaksanakan program kerjanya. ¬†Dengan mereka menyewa toko yang lokasinya hanya sekitar 30 m ke arah utara dari lokasi masjid yang sesungguhnya membuat para “pelanggan” masjid tersebut yang hendak transit sholat tidak kecele. Meskipun pengunjungnya jauh berkurang bila dibandingkan pada saat sebelum direnovasi.

 

20171205_124212

Lokasi sementara maajid agung Baiturrahman pada saat siang hari. Foto diambil Selasa (5/12).

Selama ini masjid agung Baiturrahman memang sudah menjadi tempat yang nyaman bagi para pengendara yang melintas dijalan protokolnya Sukoharjo itu. Bagi anda yang sedang dalam perjalanan dan kebetulan melewati jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan penghubung kabupaten Wonogiri dan kota Solo ( ke selatan menuju Wonogiri, ke utara menuju Solo), silakan transit di masjid agung Baiturrahman Sukoharjo. Lokasinya tepatnya sektar 300 m selatan proliman Sukoharjo.

Masjid yang menjadi kebanggaan muslim Sukoharjo teryebut semoga kelak selain bangunannya megah juga keasriannya bisa kembali didapatkan.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama