Pangkalan Bun – Pesawat jenis Dakota C-4 RI-002 yang berada di tugu Bundaran Pancasila Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah saat ini diremajakan.

“Rencana pengecatan 15 hari dengan jumlah tenaga perharinya lima orang. Malam hari juga kami kerjakan agar cepat selesai dan hasil pengecatan malam itu sangat bagus,” ujar Nur Afandi (45) saat ditemui di tempat kerjanya, Senin (12/2).

Pesawat bernomor ekor RI-002 awalnya sempat mendapatkan kritikan dari sejumlah warga. Pasalnya, warna badan pesawat sudah buram serta banyak dakinya. Beruntung atas kritikan itu, pemerintah daerah cepat tanggap sehingga tidak lama lagi warga bisa menikmati pemandangan yang tidak dimiliki daerah lain tersebut.

“Sebentar lagi pesawatnya kinclong, jadi bisa foto-foto disini. Kalau kemarin banyak lumutnya jadi kurang menarik,” ucap Ahmad warga Pangkalan Bun.

Dikatakan Afandi, proses pengecatan badan pesawat cukup memakan waktu karena terkendala sulitnya membersihkan kotoran yang menempel pada badan pesawat dan juga terpaan angin pada saat pengecatan.

“Cukup susah membersihkan kotoran (lumut) yang menempel di badan pesawat, jadi harus telaten. Untuk pengecatan memakai kompresor, kami harus menyesuaikan arah angin agar cat tidak banyak terbuang,” jelasnya.

Pengecatan, kata Afandi, direncanakan tiga lapis termasuk finisingnya. Dan diperkirakan menghabiskan 60 kaleng cat ditambah cat finis secukupnya.

Loading...
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya.
SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan ini, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
SERUJI berhak untuk membatalkan penayangan hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan.
Untuk pengaduan email ke redaksi@seruji.co.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama