Agama Islam mengajarkan dan menganjurkan bagi para pemeluknya untuk saling memaafkan, banyak kita temukan hadist dan ayat Alquran yang menyebutkan memafkan adalah sebuah keniscayaan yang umat Islam harus lakukan, siapa dari kita yang tidak pernah melakukan kesalahan, dan berapa banyak dari kita menjadi korban atas perbuatan orang lain terhadap diri kita, dan terkadang rasa dendam mengajak kita untuk membalas perbuatan orang yang telah menzhalimi kita,

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal. Tetapi barang siapa yang memaafkan. Dan berbuat baik. Kepada orang yang jahat maka pahalanya dari ALLAH. Sungguh (ALLAH) tidak menyukai orang-orang zalim. (QS Assyura 15-18) “

“…dan bergegaslah kepada ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Yaitu orang-orang yang menginfakkan hartanya di saat lapang dan susah (sempit) dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan yang berbuat kesalahan kepadanya dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS Ali Imran 133 dan 134)

Loading...

“Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. At Taghaabun, 64:14)

Di beberapa Hadist pun menyerukan perbuatan memafkan ;

Maukah aku ceritakan kepadamu mengenai sesuatu yang membuat Allah memualiakan bangunan dan meninggikan derajatmu? Para sahabat menjawab; tentu. Rasul pun bersabda; Kamu harus bersikap sabar kepada orang yang membencimu, kemudian memaafkan orang yang berbuat dzalim kepadamu, memberi kepada orang yang memusuhimu dan juga menghubungi orang yang telah memutuskan silaturahmi denganmu.”(HR. Thabrani)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama