Banten –  Siapa yang tidak kenal Pantai Sawarna? Pantai yang dimiliki Desa Sawarna, kecamatan Bayah, Banten ini memang cukup terkenal dikalangan pelancong dalam negeri maupun luar negeri. Ombaknya yang besar, khas pantai selatan menjadi daya tarik turis mancanegara untuk surfing.

Diantara beberapa pantai yang ada di Desa Sawarna, Pantai Gua Langir adalah pantai yang memiliki keindahan alami dari tebing-tebing tinggi disekitarnya.

Dengan modal Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 per orang, Anda bisa mengunjungi tempat ini yang jaraknya sekitar 2,5 km dari pintu masuk Pantai Sawarna. Atau persis dibawah tanjakan Cariang yang fenomenal di Desa Sawarna ini karena kemiringannya yang mencapai kurang lebih 70 derajat.

Gerbang GuaLangir

Dinamakan pantai Gua Langir karena di pantai ini ada sebuah gua yang juga dikenal sebagai Gua Seribu Candi. Disebut demikian karena di dalam gua tersebut banyak stalaktit dan stalakmit yang berukuran relatif kecil yang menyerupai bentuk candi.

Meski terlihat mempunyai jalan masuk yang sempit dan kecil, ternyata Gua Langir mempunyai ruangan yang cukup luas. Untuk memasukinya pengunjung dapat meminta bantuan guide untuk menemani dan mempersiapkan senter tentunya, karena cahaya yang ada di dalam gua, hanya berasal dari mulut gua.

 

Selain wisata guanya, tentu saja yang paling menarik adalah pantainya. Pantai ditempat ini memiliki pasir yang berwarna putih kecokelatan yang bersih dan halus. Pantai ini juga relatif lebih sepi dibandingkan dengan pantai lainnya di Desa Sawarna. Karena pantainya yang lumayan luas, pengunjung bahkan bisa bermain bola di tempat ini.

Di Pantai Gua Langir juga banyak pepohonan rindang yang nyaman untuk ngeliwet bersama keluarga besar. Bakar ikan dengan modal kayu bakar dari ranting-ranting pohon sekitar dan suasana yang asri dengan semilir angin pantai menambah kenikmatan kebersamaan bersama keluarga.

 

Akan sangat disayangkan apabila Anda ke Desa Sawarna, tetapi melewatkan pantai ini sebagai destinasi kunjungan Anda.

 

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya.
SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan ini, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
SERUJI berhak untuk membatalkan penayangan hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan.
Untuk pengaduan email ke redaksi@seruji.co.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama