Candi Ijo salah satu candi yang bercorak Hindu selain Candi Prambanan yang sudah Kita kenal. Candi ijo Terlatak sekitar 3-4 Km kearah Barat dari candi Prambanan, tepatnya di Desa Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Nama Candi Ijo ini diambil karena kebaradaannya diatas bukit yang bernama Gunung Ijo dengan ketinggian 427 dpl. Dalam Prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi dituliskam tentang seorang hadirin upacara yang berasal dari desa Wuang Hijo “Anak Wanua I Wuang Hijo” jika benar demikian maka nama ijo setidaknya telah berumur 1.111 tahun sampai 2017, Candi Ijo terdiri 1 Candi utama dan 3 candi Pewara.(sumber Papan dokumen Candi Ijo)

Untuk tarif tiket masuk Candi Ijo masih bersifat sukarela. Letak candi ijo yang berada di ketinggian sangat cocok dikunjungi menjelang matahari terbit maupun saat menjelang matahari terbenam, saat inilah bagi traveler yang suka fotografi akan mendapatkan view yang menakjubkan.

Selain Udaranya yang segar di sekitar candi ijo, kita juga bisa mengintip indahnya kota Jogja dari ketinggian. Silahkan untuk menyempatkan diri mengunjungi situs sejarah ini bila berkunjung ke Jogja.(Dhani HT)

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya.
SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan ini, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
SERUJI berhak untuk membatalkan penayangan hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan.
Untuk pengaduan email ke redaksi@seruji.co.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama