Dewasa ini, generasi millennials menjadi topik yang cukup hangat dikalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral dan budaya.  Bahkan tentang pasar dan pelanggan, yang  tidak lama lagi, akan makin didominasi  dari generasi millennial yang sangat fasih teknologi dan memiliki karakter unik. Lalu bagaimanakah kehidupan  para millenial ini kelak? Baru-baru ini David Delahunty dari  gulf insider telah mewawancarai CEO Mercedes, bagaimana perubahan kehidupan kelak dalam 20 tahun , yang dikatakannya akan berubah secara dramatis dan akan mempengaruhi profesi seseorang di masa depan. Lebih lengkap kita lihat bagaimana pernyataannya pada saat diwawancara. MD dari Daimler Benz (Mercedes Benz) mengatakan pesaing mereka bukan lagi perusahaan mobil lain tetapi Tesla , Google, Apple, Amazon.

  • Perangkat lunak akan mengganggu sebagian besar industri tradisional dalam 5-10 tahun mendatang.
  • Uber hanyalah alat perangkat lunak, mereka tidak memiliki mobil apa pun, dan sekarang adalah perusahaan taksi terbesar di dunia
  • Airbnb sekarang adalah perusahaan hotel terbesar di dunia, meskipun mereka tidak memiliki properti apa pun.
  • Kecerdasan Buatan: Komputer menjadi lebih baik secara eksponensial dalam memahami dunia. Tahun ini, komputer mengalahkan Go player terbaik di dunia, 10 tahun lebih awal dari yang diperkirakan.
  • Di AS, pengacara muda sudah tidak mendapatkan pekerjaan. Karena IBM Watson, Anda dapat memperoleh nasihat hukum (sejauh ini untuk hal-hal yang kurang lebih mendasar) dalam hitungan detik, dengan akurasi 90% dibandingkan dengan akurasi 70% saat dilakukan oleh manusia.
  • Jadi jika Anda belajar hukum, segera hentikan. Akan ada 90% lebih sedikit pengacara di masa depan, hanya spesialis yang akan bertahan.
  • Watson sudah membantu perawat mendiagnosa kanker, 4 kali lebih akurat daripada perawat manusia. Facebook kini memiliki perangkat lunak pengenalan pola yang dapat mengenali wajah lebih baik daripada manusia. Pada 2030, komputer akan menjadi lebih pintar dari manusia.
  • Mobil otonom: Pada tahun 2018 mobil self-driving pertama akan muncul untuk umum. Sekitar 2020, industri lengkap akan mulai terganggu. Anda tidak ingin memiliki mobil lagi. Anda akan memanggil mobil dengan telepon Anda, itu akan muncul di lokasi Anda dan mengantar Anda ke tujuan Anda. Anda tidak perlu memarkirnya, Anda hanya membayar untuk jarak yang digerakkan dan dapat menjadi produktif saat mengemudi. Anak-anak kami tidak akan pernah mendapatkan surat izin mengemudi dan tidak akan pernah memiliki mobil.
  • Ini akan mengubah kota, karena kita akan membutuhkan 90-95% lebih sedikit mobil untuk itu. Kami dapat mengubah bekas ruang parkir menjadi taman. 1,2 juta orang meninggal setiap tahun dalam kecelakaan mobil di seluruh dunia. Kami sekarang memiliki satu kecelakaan setiap 60.000 mil (100.000 km), dengan mengemudi otonom yang akan jatuh ke satu kecelakaan dalam 6 juta mil (10 juta km). Itu akan menyelamatkan satu juta jiwa setiap tahun.
  • Sebagian besar perusahaan mobil mungkin akan bangkrut. Perusahaan mobil tradisional mencoba pendekatan evolusi dan hanya membangun mobil yang lebih baik, sementara perusahaan teknologi (Tesla, Apple, Google) akan melakukan pendekatan revolusioner dan membangun komputer di atas roda.
  • Banyak insinyur dari Volkswagen dan Audi; benar-benar takut pada Tesla.
  • Perusahaan asuransi akan mengalami masalah besar karena tanpa kecelakaan, asuransi akan menjadi 100x lebih murah. Model bisnis asuransi mobil mereka akan hilang.
  • Real estat akan berubah. Karena jika Anda dapat bekerja saat Anda pulang pergi, orang akan pindah lebih jauh untuk tinggal di lingkungan yang lebih indah.
  • Mobil listrik akan menjadi mainstream sekitar 2020. Kota-kota akan kurang bising karena semua mobil baru akan berjalan dengan listrik. Listrik akan menjadi sangat murah dan bersih: Produksi solar telah berada pada kurva eksponensial selama 30 tahun, tetapi Anda sekarang dapat melihat dampak yang berkembang.
  • Tahun lalu, lebih banyak energi matahari dipasang di seluruh dunia daripada fosil. Perusahaan-perusahaan energi berusaha keras membatasi akses ke jaringan untuk mencegah persaingan dari instalasi matahari rumah, tetapi itu tidak dapat bertahan lama. Teknologi akan mengurus strategi itu.
  • Dengan listrik murah datang air murah dan berlimpah. Desalinasi air asin sekarang hanya membutuhkan 2kWh per meter kubik (@ 0,25 sen). Kami tidak memiliki air langka di sebagian besar tempat, kami hanya memiliki air minum yang langka. Bayangkan apa yang mungkin terjadi jika seseorang dapat memiliki air bersih sebanyak yang dia inginkan, hampir tanpa biaya.
  • Kesehatan: Harga Tricorder X akan diumumkan tahun ini. Ada perusahaan yang akan membangun perangkat medis (disebut “Tricorder” dari Star Trek) yang berfungsi dengan telepon Anda, yang mengambil pemindaian retina, sampel darah Anda, dan Anda menarik napas ke dalamnya.
  • Kemudian menganalisis 54 biomarker yang akan mengidentifikasi hampir semua penyakit. Ini akan murah, jadi dalam beberapa tahun semua orang di planet ini akan memiliki akses ke analisis medis kelas dunia, hampir gratis. Selamat tinggal, kedudukan medis.
  • Pencetakan 3D: Harga printer 3D termurah turun dari $ 18.000 menjadi $ 400 dalam 10 tahun. Di saat yang sama, itu menjadi 100 kali lebih cepat. Semua perusahaan sepatu besar telah memulai sepatu pencetakan 3D.
  • Beberapa suku cadang pesawat sudah dicetak 3D di bandara jarak jauh. Stasiun luar angkasa sekarang memiliki printer yang menghilangkan kebutuhan akan sejumlah besar suku cadang yang dulu pernah mereka miliki.
  • Pada akhir tahun ini, ponsel pintar baru akan memiliki kemungkinan pemindaian 3D. Anda kemudian dapat memindai kaki Anda dan mencetak sepatu Anda yang sempurna di rumah.
  • Di Cina, mereka sudah mencetak 3D dan membangun gedung perkantoran 6 lantai yang lengkap. Pada 2027, 10% dari semua yang dihasilkan akan dicetak 3D.
  • Peluang bisnis: Jika Anda memikirkan niche yang ingin Anda masuki, tanyakan pada diri Anda: “di masa depan, apakah Anda pikir kita akan memilikinya?” Dan jika jawabannya adalah ya, bagaimana Anda bisa membuat itu terjadi lebih cepat?
  • Jika tidak berfungsi dengan ponsel Anda, lupakan idenya. Dan ide apa pun yang dirancang untuk sukses di abad ke-20 pasti akan gagal pada abad ke-21.
  • Pekerjaan: 70-80% pekerjaan akan hilang dalam 20 tahun ke depan. Akan ada banyak pekerjaan baru, tetapi tidak jelas apakah akan ada cukup pekerjaan baru dalam waktu sekecil itu.
  • Pertanian: Akan ada robot pertanian $ 100 di masa depan. Petani di negara-negara dunia ketiga kemudian dapat menjadi pengelola ladang mereka dan bukannya bekerja sepanjang hari di ladang mereka.
  • Aeroponik akan membutuhkan lebih sedikit air. Cawan Petri pertama menghasilkan daging sapi muda, sekarang tersedia dan akan lebih murah daripada sapi sapi yang diproduksi pada tahun 2018. Saat ini, 30% dari semua permukaan pertanian digunakan untuk sapi. Bayangkan jika kita tidak membutuhkan ruang itu lagi. Ada beberapa startup yang akan membawa protein serangga ke pasar segera. Ini mengandung lebih banyak protein daripada daging. Ini akan diberi label sebagai “sumber protein alternatif” (karena kebanyakan orang masih menolak gagasan memakan serangga).
  • Ada sebuah aplikasi bernama “moodies” yang sudah dapat memberitahu di mana suasana hati Anda. Pada tahun 2020 akan ada aplikasi yang dapat mengetahui ekspresi wajah Anda, jika Anda berbohong. Bayangkan sebuah debat politik di mana itu ditampilkan ketika mereka mengatakan yang sebenarnya dan kapan tidak.
  • Bitcoin bahkan dapat menjadi mata uang cadangan default … dunia!
  • Panjang Umur: Saat ini, rentang hidup rata-rata meningkat 3 bulan per tahun. Empat tahun yang lalu, rentang kehidupannya 79 tahun, sekarang sudah 80 tahun. Peningkatan itu sendiri meningkat dan pada 2036, akan ada peningkatan lebih dari satu tahun per tahun. Jadi kita semua mungkin hidup untuk waktu yang lama, mungkin lebih dari 100.
  • Pendidikan: Ponsel pintar termurah sudah di $ 10 di Afrika dan Asia. Pada tahun 2020, 70% dari semua manusia akan memiliki ponsel pintar. Itu berarti, setiap orang memiliki akses yang sama ke pendidikan kelas dunia.
  • Setiap anak dapat menggunakan akademi Khan untuk semua kebutuhan anak untuk belajar di sekolah di negara-negara utama dunia. Sudah ada rilis perangkat lunak di Indonesia dan segera akan ada rilis dalam bahasa Arab, Suaheli dan Cina musim panas . Saya dapat melihat potensi yang sangat besar jika kami memberikan aplikasi bahasa Inggris secara gratis, sehingga anak-anak di Afrika dan di mana saja dapat fasih berbahasa Inggris dan itu bisa terjadi dalam setengah tahun

Sangat menarik, jika dikaji-kaji beberapa prediksi di atas bisa saja menjadi kenyataan, salah satunya tentang mobil, dimana kita tidak perlu membeli mobil, cukup angkat telepon dan driver car online siap menjemput  Anda   dan  bisa sesuka hati menuju lokasi yang diinginkan seperti saat ini, ke depannya bisa saja self-driving. Ironisnya lagi jika terjadi , kemungkinan akan menghilangnya 70-80% pekerjaan yang selama ini ada, dan akan muncul jenis pekerjaan baru. Amat dramatis, pekerjaan-pekerjaan apa sajakah itu, mari kita evaluasi satu persatu pekerjaan apa sajakah itu. Namun sepertinya belum terbayangkan. Nah, yang cukup mengagetkan , bagaimana pekerjaan seorang pengacara yang sudah tidak begitu dibutuhkan lagi  di America dan bahkan disarankan untuk tidak mengambil jurusan ini kedepannya. Padahal di Indonesia profesi ini adalah profesi yang cukup banyak diminati dan menghasilkan pundi-pundi yang lumayan besar.Termasuk medis, yang akan tergantikan, jadi jika kemungkinan hal ini terjadi, berapa banyak orang kini harus bersiap-siap dengan profesi baru dan keahlian baru. Walaupun kita tidak perlu menyakini prediksi ini, namun informasi ini bisa  menjadi bahan  menarik untuk evaluasi ataupun sebagai bahan diskusi lainnya. Karena semua orang bisa membuat prediksi, namun kepastian hanya ada pada Allah SWT. Bagaimana menurut Anda, akankah semua prediksi di atas terjadi, bisa ya bisa tidak, tetapi yang pasti artikel ini memberikan gambaran kepada kita bahwa era milenial ini semakin kecil peran manusia dalam bekerja, bahkan jika melihat prediksi di atas bakalan pengangguran akan meningkat dan beberapa jurusan di perkuliahan bisa hilang. Tidak ada yang  perlu dicemaskan, kuncinya persiapkan sedini mungkin untuk menghadapi apapun yang terjadi kedepannya, karena selagi ada ketrampilan diri semua bisa teratasi,  jangan justru frustasi tetapi kompetensi untuk mandiri harus bisa dimiliki. Selamat Menuju Era Millenial , dengan profesi baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama