Beginilah Iklim Memengaruhi Peradaban Timur Tengah Jaman Old

SERUJI.CO.ID – Bangsa Arab dikenal sebagai bangsa Baduwi, yaitu para penggembala domba dan onta nomaden atau semi nomaden. Mereka mengelompokkan diri kedalam suku-suku yang saling bersaing, dan bahkan saling berperang untuk mendapatkan sumber air atau padang rumput tempat menggembalakan ternak (PSW, 2005). Di lingkungan gurun sulit ditemukan sungai yang mengalir, hanya terdapat lembah-lembah yang menampung air di musim penghujan.

Untuk itu Bangsa Arab mempertahankan ikatan kesukuan yang kuat melalui kabilah-kabilah. Masyarakat perkotaan Arab berdagang keluar kota dan menjualnya di daerahnya. Sedangkan masyarakat pedesaan Arab lebih memilih berladang atau beternak.

Orang-orang Arab nomaden tersebut tidak dilarang untuk memasuki daerah permukiman, dan konflik bukanlah hal yang intensif terjadi. Mereka bergerak antara wilayah berdasarkan kesepakatan damai antar suku (Nicolle, 2012).

Mekkah adalah kota yang kaya dimana para pedagang tinggal dan menikmati keamanan dibandingkan dengan wilayah-wilayah nomaden lainnya. Mekkah tempat Kakbah berdiri menjadi kota pusat keuangan dan hunian yang membuat kota ini lebih berpengaruh dibandingkan kota lain di Jazirah Arabia (Armstrong, 2001). Kota lainnya yang berkembang adalah Yatsrib (Madinah) dimana nabi Muhammad menetap setelah hijrah dari Makkah.

Masyarakat Arab biasanya digolongkan kedalam suku nomad Baduwi yang beternak Unta di padang pasir, swayih atau peternak domba dan unta di padang rumput serta ra’w orang setengah nomad di pinggiran daerah yang ditanami.

Sedangkan orang Arab yang tinggal di kota biasanya bekerja sebagai pedagang dan perajin, selain juga sebagai petani oase Arab (fallahin) yang tinggal di bukit subur Yaman, atau di desa-desa yang subur di Iraq Sasaniah atau Suriah Bizantium.

Namun para pedagang Mekah pra-Islam termasuk suku Quraisy yang mendominasi kota tua itu merupakan para pedagang sukses dan sangat kaya yang memiliki harta sampai di Suriah Bizantium (Nicolle, 2012).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER