Pernahkah Anda mau menginstal aplikasi tapi ruang penyimpanan di handphone Anda sudah tidak mencukupi? Padahal Anda butuh terhadap aplikasi tersebut.

Aspri Bot bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut. Serius? Bagaimana caranya? Bukan dengan beli handphone lagi kan?

Agar Anda tidak ragu-ragu, secara singkat seperti ini cara kerjanya. Aplikasi telegram membuka akses untuk membaca data yang menjadi hak kita sebagai pengguna telegram. Data-data yang bisa terbaca itu lalu diolah sesuai keinginan kita.

Loading...

Aspri Bot inilah yang dirancang agar bisa membaca dan mengolah data-data yang diinginkan. Lebih jelasnya tentang aspri bot bisa dilihat di tulisan sebelumnya, Mau Punya Asisten Pribadi di Telegram? Aspri Bot Solusinya

Aspri Bot sudah mempunya banyak fitur. Fitur di aspri bot ini seperti halnya aplikasi di handphone kita. Sebut saja ada al-quran, kamus, dan event atau agenda.

Lumayan juga sudah ada 3 aplikasi di dalam aplikasi telegram. Artinya kita menghemat 3 aplikasi yang tidak perlu diinstal lagi. Cukup dengan aplikasi telegram dengan @aspri_bot.

Menurut pembuatnya, Firman Arifin akan menambah terus fiturnya sesuai kebutuhan.

Untuk kali ini akan dijelaskan tentang fitur al-quran. Al-quran di aspri bot ini ada dua command / perintah.

Pertama, mencari tema yang ada di al-quran. Misalkan kita mencari tema iman, ada di surat mana saja dan ayat berapa? Perintahnya cukup sederhana, tulis di aplikasi telegram @aspri_bot /q iman. Maka semua ayat yang didalamnya ada kata iman akan ditampilkan.

Pencarian Keyword ‘iman’ di quran didapat sebanyak 801 melalui @aspri_bot. Karena banyaknya kata iman, agar tidak berat saat ditampilkan, maka hanya 10 ayat per halaman. Untuk melihat halaman kedua dan seterusnya ditambahi angka, /q iman 2.

Sedangkan untuk melihat bacaan qurannya ada perintah lain. Misal kita mau melihat tema iman di QS 2.41, maka cukup tulis /qs 2 41. Tampak dari gambar di bawah, selain ayat aq-quran yang tampil, juga disertakan 2 terjemahan, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Semoga dengan penambahan fitur quran ini di dalam aplikasi telegram, bisa menambah waktu kita untuk membaca dan mentadabburi al-quran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama