4. Tidak semua orang terampil menulis

Bahasa tulis berbeda dengan bahasa lisan. Orang yang pandai bicara, belum tentu bisa menulis. Sebaliknya juga begitu, walau ada yang mampu kedua-duanya. Buku yang kalau dibaca dan dilisankan bagus juga sangat jarang. Kalaupun ada, sekedar bagus luarnya, tapi isinya biasa saja.

Contoh buku/kitab yang bahasa tulis (untuk dibaca tulisannya) dan bahasa lisan (untuk didengarkan pengucapannya) sempurna adalah Al Quran, sebuah mukjizat yang tak lekang zaman, sejak zaman yang kuat di lisan dan hafalan hingga sekarang zaman literal/teks tulisan. Sempurna sebagai tulisan, sempurna sebagai ucapan.

Belum lagi merambah ke ejaan dan tata penulisan. Sedikit pengetahuan tentangnya, membuat tulisan sangat mudah disalahpersepsikan.

Karena keterampilan yang tidak mudah, sikap paling baik yaitu menahan diri untuk menulis, jika tidak benar-benar yakin tulisannya bisa mudah dimengerti orang lain. Kalaupun terpaksa menulis, usahakan orang lain bisa memaklumi kekurangan atau sedang dalam proses belajar, dan memberi kesempatan memberi saran atau kritik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama