Sekarang, Windows 98 Bisa di Pegelangan Tangan

LONDON – Smartwatches alias arloji pintar, untuk sebagian orang, mungkin benar-benar tidak berharga. Tapi itu tidak menghentikan inovator dan pasar untuk mencoba semua kemungkinan. Seperti karakter Fallout, ada beberapa orang yang benar-benar ingin punya komputer di pergelangan tangan mereka. Ini sebabnya mereka mendorong Windows 95 membuat jam tangan Android Wear dan MacOS 7.5.5 membuat Apple.

Namun Lord_of_Bone beranjak lebih jauh. Alex Cranz menulis di Gizmondo edisi 3 Maret 2017, mengutip Lord_of_Bone di Reddit yang memberikan penjelaskn dalam thread Raspberry Pi Reddit, penemu ini membangun komputer pergelangan tangan dari Raspberry Pi dan kemudian menempatkan Windows 98 di dalamnya. Dia punya konsep dari komputer yang dipasang di pergelangan seperti acara TV sci-fi era 80-an dan 90-an, serta bersenang-senang dengan menunjukkan waktu dalam kotak besar di pergelangan tangannya.

“Inspirasinya sebagian adalah memiliki sesuatu yang dulunya hebat dan indah tapi membutuhkan kotak krem ​​besar raksasa, tapi sekarang bisa didudukkan di pergelangan tangan yang beroperasi pada ARM CPU,” jelasnya kepada Gizmodo lewat pesan di Reddit.

SmartWatch ini menggunakan Raspberry Pi A + dan dioperasikan melalui touchscreen dan lima tombol yang dipasang ke bagian atas perangkat. Lord_of_Bone mengakui, itu memang tidak selalu menjadi pengalaman menyenangkan, dan berjalan tertatih-tatih. Ada beberapa yang berjalan lebih baik dari tahun 80-an, misalnya komputer pergelangan nyata seperti Seiko UC-2000. Tapi, itu bisa dibilang lebih menarik daripada komputer pergelangan tangan lainnya yang telah ada. Misalnya, Futurama rip-off, atau Fallout Pip-Boy. Itu juga lebih baik daripada Toshiba yang tampak mirip arlojinya karakter Dick Tracy.

Jika ingin tahu rincian untuk membuat Windows 98 jam tangan, coba tengok situs Lord_of_Bone. Rencana berikutnya adalah mencoba mendapatkan Doom yang berjalan pada pergelangan tangan. “Screensaver Windows berjalan sekitar 0,5 fps, maka Doom saya bayangkan akan berjalan dengan 0,1 fps,” katanya.

EDITOR: Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Berdagang Kemiskinan

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy