Samsung Jajal 5G Broadband untuk Tandingi Fiber

1
123

LONDON – Samsung akan bermitra dengan Arqiva mengembangkan percobaan teknologi lapangan 5G Fixed Wireless Access (FWA) pertama di Inggris. Manny Pham dari mobilenewscwp.co.uk edisi Jumat (24/2) mengabarkan, teknologi itu sebagai alternatif bagi jaringan kabel broadband fixed line.

Koneksi 5G FWA dapat menyalip kecepatan koneksi broadband dari fiber. Selain itu, teknologi ini menawarkan banyak manfaat. Antara lain; lebih cepat dan sederhana untuk menyiapkannya dan lebih hemat biayanya.

Percobaan akan berlangsung semester kedua 2017 di pusat kota London dan melibatkan penyebaran jaringan 5G FWA end-to-end yang beroperasi di 28GHz band. Perusahaan telekomunikasi Arqiva memiliki lisensi nasional di Inggris untuk band ini, juga standar band yang digunakan untuk 5G di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan.

Samsung 5G Access Units akan menggunakan frekuensi tinggi spektrum mmWave (gelombang milimeter) dan teknologi canggih antara lain beam-forming. Teknologi canggih ini untuk konek ke alat penerima customer premise equipment (CPE), yang menyediakan sambungan 5G pada pelanggan.

Alat penerima CPE bisa instal dengan sendirinya sehingga menghemat biaya. Selain itu, pelanggan bisa langsung online dalam hitungan menit. Sebagai perbandingan, menyiapkan fiber ke rumah/bangunan membutuhkan waktu sehari atau lebih.

CPE akan berbasis di beberapa lokasi di London dan akan memberi konektivitas kecepatan 5G ultra-tinggi pada beberapa perangkat. Lokasi-lokasi itu akan dipilih berdasarkan berbagai pengelompokan pelanggan berdasarkan katagori bisnis dan perumahan.

Kepala jaringan Samsung di Eropa, Thomas Riedel, mengatakan, “Ada begitu banyak peluang di wilayah ini karena keragaman pasar dan layanan yang sudah ada. Kami pikir Inggris kandidat utama untuk memamerkan manfaat yang bisa diberikan 5G pada konsumen. ”

CEO Arqiva, Simon Beresford-Wylie, menambahkan, “5G akan menjadi pilar penting ekonomi Inggris pada 2020-an. Jaringan aset infrastruktur kami akan menjadi penting untuk menyediakan jaringan di mana 5G akan disampaikan MNO-MNO di seluruh Inggris. Percobaan kami dengan Samsung akan menunjukkan potensi besar 5G FWA sebagai alternatif bagi fiber untuk memberikan konektivitas kecepatan ultra-tinggi pada rumah dan bisnis.”

EDITOR: Omar Ballaz

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Nomor urut paslon

Unair Bantah Dukung Salah Satu Paslon Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menegaskan tidak terlibat politik praktis apalagi mendukung salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. "Sekali lagi...

Pemerintah Malaysia Keluarkan Larangan WNA Bekerja Sebagai Juru Masak

KUALA LUMPUR, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Malaysia melarang warga negara asing bekerja sebagai juru masak di restoran negara tersebut terhitung mulai 1 Januari 2019. Menteri Sumber Manusia Malaysia...

Kembali Telan Korban, ABK KM Ramos Hilang di Danau Toba

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Seorang anak buah kapal KM Ramos Risma Marisi hilang di perairan Danau Toba ketika kapal tersebut mengalami mati mesin pada Jumat (22/6)...
Najib vs Mahathir

Najib Razak Bantah Terlibat Skandal 1MDB, Mahathir Geram

KUALA LUMPUR, SERUJI.CO.ID - Perdana Menteri Malaysia Mahathir mencurahkan cemooh terhadap pendahulunya, Najib Razak, Kamis (21/6), karena menyangkal mengetahui jutaan dolar dari dana negara 1MDB...

Kemensos Pastikan Logistik Cukup untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun

MEDAN, SERUJI.CO.ID -  Kementerian Sosial memastikan ketersediaan logistik untuk pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara. "Kami memastikan bahwa logistik untuk pencarian...