Samsung Jajal 5G Broadband untuk Tandingi Fiber

LONDON – Samsung akan bermitra dengan Arqiva mengembangkan percobaan teknologi lapangan 5G Fixed Wireless Access (FWA) pertama di Inggris. Manny Pham dari mobilenewscwp.co.uk edisi Jumat (24/2) mengabarkan, teknologi itu sebagai alternatif bagi jaringan kabel broadband fixed line.

Koneksi 5G FWA dapat menyalip kecepatan koneksi broadband dari fiber. Selain itu, teknologi ini menawarkan banyak manfaat. Antara lain; lebih cepat dan sederhana untuk menyiapkannya dan lebih hemat biayanya.

Percobaan akan berlangsung semester kedua 2017 di pusat kota London dan melibatkan penyebaran jaringan 5G FWA end-to-end yang beroperasi di 28GHz band. Perusahaan telekomunikasi Arqiva memiliki lisensi nasional di Inggris untuk band ini, juga standar band yang digunakan untuk 5G di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan.

Samsung 5G Access Units akan menggunakan frekuensi tinggi spektrum mmWave (gelombang milimeter) dan teknologi canggih antara lain beam-forming. Teknologi canggih ini untuk konek ke alat penerima customer premise equipment (CPE), yang menyediakan sambungan 5G pada pelanggan.

Alat penerima CPE bisa instal dengan sendirinya sehingga menghemat biaya. Selain itu, pelanggan bisa langsung online dalam hitungan menit. Sebagai perbandingan, menyiapkan fiber ke rumah/bangunan membutuhkan waktu sehari atau lebih.

CPE akan berbasis di beberapa lokasi di London dan akan memberi konektivitas kecepatan 5G ultra-tinggi pada beberapa perangkat. Lokasi-lokasi itu akan dipilih berdasarkan berbagai pengelompokan pelanggan berdasarkan katagori bisnis dan perumahan.

Kepala jaringan Samsung di Eropa, Thomas Riedel, mengatakan, “Ada begitu banyak peluang di wilayah ini karena keragaman pasar dan layanan yang sudah ada. Kami pikir Inggris kandidat utama untuk memamerkan manfaat yang bisa diberikan 5G pada konsumen. ”

CEO Arqiva, Simon Beresford-Wylie, menambahkan, “5G akan menjadi pilar penting ekonomi Inggris pada 2020-an. Jaringan aset infrastruktur kami akan menjadi penting untuk menyediakan jaringan di mana 5G akan disampaikan MNO-MNO di seluruh Inggris. Percobaan kami dengan Samsung akan menunjukkan potensi besar 5G FWA sebagai alternatif bagi fiber untuk memberikan konektivitas kecepatan ultra-tinggi pada rumah dan bisnis.”

EDITOR: Omar Ballaz

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER