Samsung Jajal 5G Broadband untuk Tandingi Fiber

LONDON – Samsung akan bermitra dengan Arqiva mengembangkan percobaan teknologi lapangan 5G Fixed Wireless Access (FWA) pertama di Inggris. Manny Pham dari mobilenewscwp.co.uk edisi Jumat (24/2) mengabarkan, teknologi itu sebagai alternatif bagi jaringan kabel broadband fixed line.

Koneksi 5G FWA dapat menyalip kecepatan koneksi broadband dari fiber. Selain itu, teknologi ini menawarkan banyak manfaat. Antara lain; lebih cepat dan sederhana untuk menyiapkannya dan lebih hemat biayanya.

Percobaan akan berlangsung semester kedua 2017 di pusat kota London dan melibatkan penyebaran jaringan 5G FWA end-to-end yang beroperasi di 28GHz band. Perusahaan telekomunikasi Arqiva memiliki lisensi nasional di Inggris untuk band ini, juga standar band yang digunakan untuk 5G di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan.

Samsung 5G Access Units akan menggunakan frekuensi tinggi spektrum mmWave (gelombang milimeter) dan teknologi canggih antara lain beam-forming. Teknologi canggih ini untuk konek ke alat penerima customer premise equipment (CPE), yang menyediakan sambungan 5G pada pelanggan.

Alat penerima CPE bisa instal dengan sendirinya sehingga menghemat biaya. Selain itu, pelanggan bisa langsung online dalam hitungan menit. Sebagai perbandingan, menyiapkan fiber ke rumah/bangunan membutuhkan waktu sehari atau lebih.

CPE akan berbasis di beberapa lokasi di London dan akan memberi konektivitas kecepatan 5G ultra-tinggi pada beberapa perangkat. Lokasi-lokasi itu akan dipilih berdasarkan berbagai pengelompokan pelanggan berdasarkan katagori bisnis dan perumahan.

Kepala jaringan Samsung di Eropa, Thomas Riedel, mengatakan, “Ada begitu banyak peluang di wilayah ini karena keragaman pasar dan layanan yang sudah ada. Kami pikir Inggris kandidat utama untuk memamerkan manfaat yang bisa diberikan 5G pada konsumen. ”

CEO Arqiva, Simon Beresford-Wylie, menambahkan, “5G akan menjadi pilar penting ekonomi Inggris pada 2020-an. Jaringan aset infrastruktur kami akan menjadi penting untuk menyediakan jaringan di mana 5G akan disampaikan MNO-MNO di seluruh Inggris. Percobaan kami dengan Samsung akan menunjukkan potensi besar 5G FWA sebagai alternatif bagi fiber untuk memberikan konektivitas kecepatan ultra-tinggi pada rumah dan bisnis.”

EDITOR: Omar Ballaz

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy