close

Pertemuan Menkominfo ASEAN Sepakati Deklarasi Siam Reap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –¬†Pertemuan Menteri bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Telecommunication, Information, Technology Ministers Meeting/Telmin) ASEAN ke-17 di Siam Reap, Kamboja, yang berakhir Jumat (30/11), menyepakati deklarasi Siem Reap sebagai hasil dari sidang tersebut.

Deklarasi Siam Reap adalah tentang kesiapan dan keterhubungan TIK, menuju integrasi komunitas secara digital yang bertujuan memperkuat visi ASEAN dalam menciptakan kawasan yang inovatif dan inklusif, di mana pemangku kepentingan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan, demikian siaran pers Kementerian Kominfo, Sabtu (2/12).

“Siem Reap Declaration ini menyetujui promosi program bersama setidaknya berkenaan dengan ‘direct connectivity and Internet exchange points’, mendorong layanan roaming internasional yang lebih transparan dan harga yang lebih terjangkau, mobile number portability, Analog Switch Off (ASO) Tahun 2020 menjadi penyiaran digital, dan memberikan ekosistem startup dengan focus pada UMKM,” kata Rudiantara dalam siaran pers tersebut.

Sementara itu, dari rangkaian pertemuan 29 November hingga 1 Desember 2017, para Menteri bidang TIK juga menyepakati program Telsom/Telmin yang akan dilaksanakan pada 2018 berupa 16 program dalam kerangka Asean berikut pengesahan pendanaan ASEAN ICT Fund (AICTF) 2018.


Program tersebut diantaranya studi untuk mengembangkan panduan dan aplikasi terbuka dan pengembangan big data di negara ASEAN, pembuatan Hackathon ASEAN 2018, ASEAN ICT Award 2018, panduan ASEAN untuk memperkuat ketahanan dan perbaikan kabel bawah laut, Perkemahan ASEAN Cyber Kids, 2018, penelitian untuk mengembangkan panduan praktek terbaik untuk pengembangan konten lokal dan dukungan kepada negara-negara ASEAN.

Pembangunan kapasitas untuk akselerasi pengembangan kerangka kota pintar berkelanjutan bagi negara-negara ASEAN, kerangka perlindungan infrastruktur informasi kritis ASEAN, membangun praktek terbaik keamanan jaringan regional.

Studi kelayakan dalam pendirian ASEAN CERT, kerangka kebijakan dan regulasi reguler untuk mempromosikan lingkungan komputasi awan, rencana kerja untuk membangun kerangka ASEAN tentang tata kelola digital dan pembentukan kelompok kerja pengelolaan data digital.

Sementara itu, ASEAN dan ITU telah menyepakati area kerjasama untuk tahun 2018 yang meliputi antara lain keamanan Informasi dan Integrasi Jaringan, Akses pitalebar untuk wilayah pinggiran dan perdesaan, inklusi digital dan langkah-langkah dalam mendorong Asean ICT Masterplan. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER