close

Ingin Gambar Cling? Qualcomm Siapkan Display 8K

HONGKONG – Jika gemar virtual reality, betapa jengkelnya jika ponsel Anda ternyata hanya menampilkan gambar resolusi rendah. Namun, jangan khawatr. Qualcomm yakin Anda segera menikmati resolusi 6K dan 8K pada ponsel. Anda akan melihat dunia secara berbeda karena layar ponsel.

Menurut manajemen Qualcomm, smartphone masa depan tidak hanya berjalan pada jaringan 5G tetapi juga akan menampilkan display lebih cling daripada layar TV yang hanya 4K.

“Kita akan saksikan 6K, 8K atau lebih dalam resolusi layar smartphone masa depan,” ramal Tim Leland, wakil presiden manajemen produk Qualcomm, pada TechRadar yang dikutip Digital Trend edisi 26 Februari. “Teknologi ini akan terus berjalan.”

Mengingat sebagian besar ponsel saat ini memiliki layar terbaik 2K, Leland yakin semua itu akan segera berubah. “Akan mencapai tingkat yang saya tidak bisa percayai beberapa tahun lalu. Ini semua langkah maju, bahkan tidak hanya dalam realisme foto tapi juga realisme saraf optik. Tidak akan hanya dalam hal piksel per inci, tapi juga tentang kelebaran gamut warna, akurasi warna dan kecerahan layar.”


Apa untungnya memiliki display resolusi tinggi? Jika masa depan benar-benar terletak pada virtual reality, maka Anda pasti butuh lebih banyak piksel. Penggemar virtual reality sering mengeluh tentang ‘screen door effect’ di mana Anda benar-benar mengidentifikasi piksel individual karena resolusi relatif rendah dan kedekatan piksel pada mata Anda. Maka, display 6K atau 8K bisa menghilangkan masalah itu.

Setelah mendapatkan resolusi tinggi, Anda tidak akan pernah balik ke yang lebih rendah, kata Leland. “Sebelum melihat HD TV, kita tentu pernah berfikir, ‘Siapa yang butuh itu? Saya bisa melihat dengan baik TV saya.’ Sekarang, coba mundur ke masa lalu dan tonton beberapa acara olahraga tahun 1990-an. Hampir susah dilihat!” tantang Leland.

Tapi, bahkan dengan ‘kebutuhan’ ini, pasti ada hambatan untuk memuaskan konsumen. Misalnya, ponsel dengan teknologi display semacam ini mungkin lebih boros baterai –yang sudah jadi masalah bagi ponsel yang pindah dari display 1080p ke display 2K. Ponsel dengan resolusi tinggi seperti itu juga tidak murah. Ini bisa menjadi perhatian cukup besar bagi konsumen kantong cekak.

EDITOR: Omar Ballaz

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Tolak PPDB Zonasi Yang Tidak Berkeadilan, KOMPAK Siang Ini Geruduk Grahadi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan orang tua yang tergabung dalam...

Kuasa Hukum Jokowi-KH Ma’ruf Siap Hadapi Saksi Dari Pihak Prabowo-Sandi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin...

Sidang Ketiga Sengketa Pilpres 2019 Akan Digelar Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (19/6) pagi...

Wagub Jabar: PPDB Zonasi Upaya Pemerataan Pendidikan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul...

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).

Persijap Jepara Target Gelar Laga Uji Coba Maksimal Tiga Kali

JEPARA, SERUJI.CO.ID - Tim Persijap Jepara, Jawa Tengah, menargetkan menggelar...

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).