Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Gunakan Teknologi Cerdas

0
59
Kereta Api Cepat
Seminar Peningkatan Kecepatan Kereta Api Koridor Jakarta-Surabaya 7/12/2017. (Foto: Dok UGM)

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginginkan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya didukung teknologi paling cerdas dengan memprioritaskan penggunaan komponen-komponen dalam negeri.

“Cerdas itu handal, teknologinya relatif murah, dan sebanyak mungkin menggunakan komponen dalam negeri,” kata Budi Karya seusai pembukaan acara Seminar Peningkatan Kecepatan Kereta Api Koridor Jakarta-Surabaya di Gedung Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis (7/12).

Untuk mendapatkan konsep desain yang ideal serta gambaran teknologi cerdas itu, menurut Budi, hingga saat ini Kemenhub masih menghimpun berbagai masukan dari para ahli.

“Proyek ini adalah proyek besar. Sampai sekarang masih dalam proses sosialisasi dan proses mendapatkan masukan-masukan,” katanya.

Menurut Budi, dengan desain yang ideal serta didukung dengan teknologi yang cerdas diharapkan mampu mengubah waktu tempuh kereta Jakarta-Surabaya yang sebelumnya memiliki waktu tempuh 9 jam menjadi 5-5,5 jam dengan kecepatan 160 km per jam.

Dengan waktu tempuh tersebut, kata dia, relatif mampu berkompetisi dengan waktu tempuh pesawat terbang Jakarta-Surabaya.

“Sehingga transportasi udara (pesawat) memiliki teman yang namanya kereta cepat,” imbuhnya.

Budi menegaskan mega proyek tersebut akan tetap menggunakan rel atau jalur kereta eksisting yang selama ini dilalui seperti Brebes, Tegal, Pekalongan, Semarang. Alasannya, selain murah, jalur eksisting itu telah membentuk simpul-simpul ekonomi di masing-masing kota.

“Kalau kita ubah maka kita meninggalkan masyarakat yang sudah memiliki ketergantungan itu,” imbuhnya.

Budi menargetkan proyek kereta cepat itu bisa selesai pada 2020 secara bertahap. Meski demikian, pihaknya harus terlebih dahulu menyelesaikan penutupan 800-900 perlintasan sebidang serta titik rawan kecelakaan yang dinilai mengganggu perlintasan kereta cepat. Penyelesaiannya bertahap bisa saja Jakarta-Semarang dulu. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
traffic

Beijing Akan Terapkan Aturan Pembatasan Kendaraan Bermotor

BEIJING, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Kota Beijing mengeluarkan kebijakan baru untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor di Ibu Kota China itu guna memperlancar arus lalu lintas di...

Dua Gol Kane Taklukkan Tunisia 2-1

VOLGOGARD, SERUJI.CO.ID - Gol tandukan kepala menjelang pertandingan usai dari dua gol Harry Kane membawa Inggris menang 2-1 atas Tunisia pada pertandingan pembukaan Grup G...

Dikalahkan Swedia, Son Heung-min Salahkan Dirinya Sendiri

NIZHNY NOVGOROD, SERUJI.CO.ID -Penyerang Son Heung-min menyalahkan dirinya sebagai penyebab kekalahan 1-0 Korea Selatan (Korsel) oleh Swedia dalam pertandingan pembuka Piala Dunia mereka pada...

Kekalahan Jerman, Peringatan Spanyol untuk Hadapi Iran

KAZAN, SERUJI.CO.ID - Spanyol memulai pertandingan pembuka Piala Dunia yang sulit melawan Portugal dengan pola permainan yang mengesankan setelah diterpa masalah pemecatan pelatih Julen Lopetegui...

Belgia Taklukkan Panama 3-0

SOCHI, SERUJI.CO.ID - Kreatifitas dan kekuatan Belgia terbukti terlalu kuat bagi debutan Piala Dunia Panama, ketika favorit Grup G itu mengatasi aksi heroik kiper Jaime...