BSSN Diharapkan Dapat Tangani Penyebaran Hoaks

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diharapkan memiliki kinerja yang baik antara dalam menangani penyebaran berita-berita hoaks serta beragam persoalan terkait permasalahan dunia maya pada saat ini.

Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira dalam rilis, Jumat (16/1), mengatakan tantangan saat ini adalah bagaimana mengatasi informasi berita yang menghasut, terutama yang mengandung SARA dan hoaks atau kabar bohong.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, pada saat ini hubungan antara dunia maya dan dunia nyata memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan dan dinamika dunia maya mempengaruhi kondisi yang ada di dunia nyata.

Untuk itu, ujar dia, BSSN sebagai lembaga yang dibentuk pemerintah juga diharapkan dapat meningkatkan sinerginya dengan beragam lembaga pemerintah guna mengatasi tantangan dunia maya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara meminta agar semua kalangan masyarakat tidak terjebak dalam menyebarkan informasi yang kebenarannya diragukan.

Untuk itu, Menkominfo mengimbau masyarakat dapat memastikan dulu kebenaran informasi yang diterima.

“Jangan mau sebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya. Kalau ragu harus tabayun,” katanya saat Deklarasi Indonesia Anti Hoax yang digelar di Yogyakarta, Sabtu (10/2).

Rudiantara mengingatkan bahwa secara agama, bila berperan dalam menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya adalah perbuatan tak berguna dan berdosa.

Sedangkan secara sosial-ekonomi, lanjutnya, perbuatan seperti itu dinilai adalah salah satu bentuk pembodohan publik dan pembodohan pulsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Ghazwul Fikri dan Media