BSSN Diharapkan Dapat Tangani Penyebaran Hoaks

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diharapkan memiliki kinerja yang baik antara dalam menangani penyebaran berita-berita hoaks serta beragam persoalan terkait permasalahan dunia maya pada saat ini.

Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira dalam rilis, Jumat (16/1), mengatakan tantangan saat ini adalah bagaimana mengatasi informasi berita yang menghasut, terutama yang mengandung SARA dan hoaks atau kabar bohong.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, pada saat ini hubungan antara dunia maya dan dunia nyata memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan dan dinamika dunia maya mempengaruhi kondisi yang ada di dunia nyata.

Untuk itu, ujar dia, BSSN sebagai lembaga yang dibentuk pemerintah juga diharapkan dapat meningkatkan sinerginya dengan beragam lembaga pemerintah guna mengatasi tantangan dunia maya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara meminta agar semua kalangan masyarakat tidak terjebak dalam menyebarkan informasi yang kebenarannya diragukan.

Untuk itu, Menkominfo mengimbau masyarakat dapat memastikan dulu kebenaran informasi yang diterima.

“Jangan mau sebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya. Kalau ragu harus tabayun,” katanya saat Deklarasi Indonesia Anti Hoax yang digelar di Yogyakarta, Sabtu (10/2).

Rudiantara mengingatkan bahwa secara agama, bila berperan dalam menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya adalah perbuatan tak berguna dan berdosa.

Sedangkan secara sosial-ekonomi, lanjutnya, perbuatan seperti itu dinilai adalah salah satu bentuk pembodohan publik dan pembodohan pulsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER