BSSN Diharapkan Dapat Tangani Penyebaran Hoaks

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diharapkan memiliki kinerja yang baik antara dalam menangani penyebaran berita-berita hoaks serta beragam persoalan terkait permasalahan dunia maya pada saat ini.

Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira dalam rilis, Jumat (16/1), mengatakan tantangan saat ini adalah bagaimana mengatasi informasi berita yang menghasut, terutama yang mengandung SARA dan hoaks atau kabar bohong.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, pada saat ini hubungan antara dunia maya dan dunia nyata memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan dan dinamika dunia maya mempengaruhi kondisi yang ada di dunia nyata.

Untuk itu, ujar dia, BSSN sebagai lembaga yang dibentuk pemerintah juga diharapkan dapat meningkatkan sinerginya dengan beragam lembaga pemerintah guna mengatasi tantangan dunia maya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara meminta agar semua kalangan masyarakat tidak terjebak dalam menyebarkan informasi yang kebenarannya diragukan.

Untuk itu, Menkominfo mengimbau masyarakat dapat memastikan dulu kebenaran informasi yang diterima.

“Jangan mau sebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya. Kalau ragu harus tabayun,” katanya saat Deklarasi Indonesia Anti Hoax yang digelar di Yogyakarta, Sabtu (10/2).

Rudiantara mengingatkan bahwa secara agama, bila berperan dalam menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya adalah perbuatan tak berguna dan berdosa.

Sedangkan secara sosial-ekonomi, lanjutnya, perbuatan seperti itu dinilai adalah salah satu bentuk pembodohan publik dan pembodohan pulsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER