Ajang Procommit NG-7, Puluhan Robot Saling Beradu di ITS

0
213
Lomba robot cerdas
Peserta lomba robot cerdas Procommit NG-7 di kampus ITS, Surabaya, Sabtu (25/11/2017). (Foto: Firman A/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Program Terapan Bidang TIK (Prodistik) mempunyai agenda lomba tahunan, dan tahun ini memasuki tahun ketujuh dengan nama Procommit NG-7.

Seperti tahun lalu, semua agenda tahun ini terpusat di kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, digelar pada Sabtu (25/11).

Ada beberapa lomba tambahan di tahun ini yang sebelumnya belum ada.

“Semuanya ada enam jenis lombà, yaitu lomba film pendek, android programming, excel programming, animasi, poster, dan robot cerdas,” ujar Koordinator juri lomba robot, Dr. Hozairi kepada SERUJI, Sabtu (25/11).

Khusus lomba robot cerdas yang ditempatkan di gedung robotika ITS.

Dia mengatakan, robot ada dua jenis, yakni jenis manual yang diremote melalui android dan yang otomatis mengikuti jalur yang ditentukan. Dalam lomba kali ini mengambil tema “robot cerdas pengangkut barang via android”.

Peserta lomba tersebar se-Jawa Timur, kata dia, ini sebagai bukti antusias masyarakat perlajar cukup baik.

“Ada sebanyak 49 peserta lomba robot yang diikuti SMA dan MA se-Jawa Timur,” ujar Hozairi.

Kemudian dari 49 peserta lomba, dipilih 8 skor tertinggi dari 2 kali sesi lomba untuk masuk sesi final.

Sekolah MAN Ngawi berhasil memasukkan 2 tim ke babak final.

Di babak final, para finalis diberi tantangan untuk membuat program agar robot mencapai target yang ditentukan panitia. Mereka hanya ada waktu 1 jam untuk memprogram robotnya.

Juara robot tahun ini dengan skor tertinggi 265 dari MAN 2 Situbondo. Runner up dari MAN 3 Jember dengan akor 240, dan juara ketiga dari MAN Lumajang dengan skor 186.

SERUJI sempat mewawancarai salah satu tim peserta lomba robot cerdas. Adalah M. Faizin dan Laila Fadilah dari MAN 2 Situbondo. Mereka sangat menikmati agenda rutin yang diselenggarakan ITS ini.

“Senang dan deg degan,” ujarnya kompak.

Dikatakannya, dukungan dari sekolah mereka juga sangat menentukan.

“Support sangat baik dari sekolah kami, yang mau menyediakan fasilitas dan dilatih,” tambahnya.

Prodistik Competition in IT New Generation (Procommit NG) merupakan ajang lomba yang diperuntukkan bagi sekolah-sekolah dalam binaan ITS Surabaya yang tergabung dalam Program Pendidikan Terapan Bidang TIK (Prodistik). Prodistik ITS Surabaya rutin mengelar lomba setiap tahunnya bagi mitra binaan prodistiknya. (Firman A/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Carragher: Harusnya Rashford Gantikan Sterling di Laga Lawan Panama

LONDON, SERUJI.CO.ID -  Mantan bek Inggris Jamie Carragher meyakini Marcus Rashford semestinya menggantikan sesama penyerang Raheem Sterling untuk pertandingan Piala Dunia melawan Panama, sambil menjelaskan...
Orang tenggelam

Dua Wisatawan Terseret Gelombang di Pantai Teluk Penyu

CILACAP, SERUJI.CO.ID -  Sebanyak dua wisatawan terseret gelombang di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, salah seorang di antaranya selamat, kata Koordinator Basarnas Pos SAR...
Tol Ngawi-Kertosono

Cegah Kemacetan, Ruas Tol Wilangan-Kertosono Difungsikan 24 Jam

MADIUN, SERUJI.CO.ID - Jalan tol fungsional ruas Wilangan-Kertosono, Jawa Timur, difungsikan selama 24 jam untuk kelancaran arus balik Lebaran 2018 di jalur nasional Madiun-Nganjuk-Surabaya yang...
Siswa SMA/MAN

Ini yang Dilakukan Pemkot Surakarta untuk Pemerataan Pendidikan

SOLO, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Kota Surakarta menerapkan peraturan mengenai zonasi untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama pada Tahun Ajaran 2018/2019 guna mendekatkan sekolah kepada...

Puncak Arus Balik Transportasi Udara Diprediksi Hari Ini

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2018 dengan moda transportasi udara secara nasional terjadi pada Rabu (20/6), hari ini karena...