Menteri LHK: Gunung Kidul Dipilih karena Kritis

GUNUNG KIDUL, SERUJI.CO.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan Desa Karangasem, Ponjong, Gunung Kidul dipilih sebagai lokasi peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017 karena merupakan lahan kritis yang perlu penghijauan.

“Lokasi ini dipilih karena lahan kritis, kering dan berbatu kapur serta ada habitat kera ekor panjang,” kata Menteri Siti Nurbaya di Gunung Kidul, Sabtu (9/12).

Hal itu disampaikan saat memberikan laporan kepada Presiden Jokowi pada puncak peringatan HMPI dan BMN 2017.

Lebih lanjut Siti Nurbaya mengatakan bahwa inisiatif untuk menghijaukan lahan kritis tersebut muncul dari masyarakat.

Dia menjelaskan, penanaman pohon akan dilakukan di lima bukit di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul sebanyak 45 ribu bibit pohon dilahan seluas 15 hektare.

“Penanaman pohon akan melibatkan 3.000 petani dan nantinya akan dikelola oleh koperasi,” katanya.

Pohon yang ditanam antara lain pohon jati, akasia, jambu-jambuan, dan jamblang. Setiap pohon akan menggunakan barcode yang berisi info koordinat dan nama pohon.

Karena karakteristik lahan yang kering dan berbatu kapur, maka penanaman menggunakan sistem aquasource bekerja sama dengan mitra.

Wahyu, salah seorang anggota kelompok tani mengatakan lahan tersebut juga memiliki keunikan lain yaitu, di bawah tanah mengalir sungai purba. Air dari sungai tersebut yang akan dimanfaatkan untuk penanaman dengan sistem pompa pada musim kemarau.

“Masyarakat berharap bukit karst bisa lebih hijau dan produktif,” pungkasnya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER