Menteri Ajak Masyarakat Wujudkan Indonesia Tanpa Sampah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan Indonesia bebas dari sampah dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Harapan sekaligus ajakan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ini dikemukakan saat bersama para aktivis, komunitas, publik figur serta Duta Peduli Sampah, yakni Jefri Nichols (pemeran dalam film Surat untuk Starla) mencanangkan deklarasi gerakan “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah!” di areal hutan kompleks Kementerian LHK atau Arboretum Manggala Wana Bhakti, Sabtu (20/1) malam.

“Indonesia tanpa sampah akan terwujud jika kita memiliki komitmen dan melakukan langkah sinergi berkelanjutan,” kata Siti Nurbaya dalam keterangan persnya yang disampaikan di Jakarta, Ahad (21/1).

Siti Nurbaya mengungkapkan, berbagai kebijakan telah dilakukan Pemerintah antara lain dengan membentuk UU 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. Bahkan melalui Perpres 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga ataupun juga berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Dialog yang digelar dengan format serius tapi santai ini membahas beberapa hal pokok, yaitu “zero waste adventure”, bersih pantai dan laut, Citarum Harum, pelarangan kantong belanja plastik dan “less waste event”.

Menteri Siti Nurbaya yakin yang dideklarasikan dan akan dilaksanakan selama tiga bulan ke depan akan berhasil.

“Kita wujudkan Indonesia bersih sampah, kita kurangi sampah dari kita, kita bersihkan sampah sekitar kita, kita wujudkan budaya bersih,” ujar Menteri Siti.

Dia mengajak semua pihak mengkampanyekan gerakan ini di media sosial melalui hastag #BersihBisaKok. Deklarasi Gerakan “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah!” ini merupakan awal dari rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Menteri Siti berharap HPSN ini sebagai “milestone” perubahan mewujudkan Indonesia yang bersih dari sampah. Untuk itu dalam menyongsong HPSN tahun 2018 akan dilakukan dua kegiatan utama.

Pertama, “Tiga Bulan Bersih Sampah” (TBBS) yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah” yang dilaksanakan sejak 21 Januari 2018 sampai 21 April 2018. Puncak peringatan HPSN 2018 akan dilaksanakan 21 Februari 2018.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER