Wasir: Gejala, Pencegahan, dan Pengobatannya

Klasifikasi Wasir

Wasir atau Hemoroid diklasifikasikan menjadi dua, yaitu hemorroid internal dan hemoroid eksternal. Hemoroid internal, yang berasal dari bagian proksimal dentate line dan dilapisi mukosa. Hemoroid eksternal, berasal dari bagian dentate line dan dilapisi oleh epitel mukosa yang telah termodifikasi serta banyak persarafan serabut saraf nyeri somatik.

Berdasarkan gejala yang terjadi, terdapat empat tingkat hemorrhoid internal, yaitu

Tingkat I : perdarahan setelah BAB, dan pada pemeriksaan anoskopi terlihat benjolan hemorhoid

Tingkat II : perdarahan atau tanpa perdarahan, tetapi sesudah BAB keluar benjolan dari anus namun dapat masuk sendiri beberapa saat kemudian.

Tingkat III : perdarahan atau tanpa perdarahan, tetapi sesudah BAB keluar benjolan dari anus namun tidak dapat masuk sendiri, harus didorong dengan jari.

Tingkat IV : benjolan terjepit di anus, bila dimasukkan dengan jari akan keluar lagi beberapa saat kemudian.

Pengobatan Wasir

Hemorrhoid merupakan sesuatu yang fisiologis, maka terapi yang dilakukan hanya untuk menghilangkan keluhan, bukan untuk menghilangkan pleksus hemorrhoidalis.

Pada hemorrhoid interna tingkat I dan II terapi yang diberikan berupa terapi lokal dan minum obat penghilang nyeri. Selain itu dianjurkan untuk:

  1. Konsumsi serat 25-30 gram perhari. Hal ini bertujuan untuk membuat tinja menjadi lebih lembek dan besar, sehingga mengurangi proses mengedan dan tekanan pada vena anus.
  2. Minum air sebanyak 6-8 gelas sehari.
  3. Kurangi makanan pedas dan berlemak
  4. Mengubah kebiasaan buang air besar. Segerakan ke kamar mandi saat merasa akan buang air besar, jangan ditahan karena akan memperkeras feses. Hindari mengedan.
  5. Kurangi makanan pedas dan berlemak.
  6. Dianjurkan untuk posisi jongkok waktu BAB
  7. Tindakan menjaga kebersihan lokal dengan cara merendam anus dalam air selama 10-15 menit 3 kali sehari.
  8. Jangan banyak duduk, berdiri atau tidur, namun harus banyak bergerak/jalan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER