Wasir: Gejala, Pencegahan, dan Pengobatannya

0
46
  • 4
    Shares

SERUJI.CO.ID – Wasir yang juga sering di sebut sebagai ambeien atau hemorrhoid merupakan pelebaran pembuluh darah vena di didalam pleksus hemoroidalis yang terletak di daerah anus.

Diperkirakan bahwa 50 persen dari populasi yang berumur lebih dari 50 tahun menderita wasir secara nyata atau minimal. Kebanyakan dari mereka tidak ada keluhan/gejala.

Wasir bukan merupakan suatu keadaan yang patologis (tidak normal), namun bila sudah mulai menimbulkan keluhan, harus segera dilakukan tindakan untuk mengatasinya.

Loading...

Gejala-Gejala Wasir

  1. Perdarahan pada waktu BAB, darah berwarna merah segar. Darah dapat menetes keluar dari anus beberapa saat setelah BAB.
  2. keluar suatu benjolan pada waktu BAB. Benjolan ini mula-mula dapat kembali spontan sesudah BAB, tetapi kemudian harus dimasukkan dengan jari dan akhirnya tidak dapat dimasukkan lagi.

Faktor Risiko Wasir

  1. Penuaan, umur yang semakin menua secara alami kekuatan dinding pembuluh darah akan semakin melemah, sehingga mudah terjadi pelebaran pembuluh darah vena termasuk yang di daerah anus, hal ini berpotensi menimbulkan wasir
  2. Wanita hamil, pada wanita hamil aliran darah di wilayah panggul agak terganggu sehingga memungkinkan terjadi bendungan di pembuluh darah yang berpotensi menimbulkan wasir.
  3. Konstipasi atau sembelit, feses yang keras menyebabkan sembelit yang bisa mengakibatkan bendungan pembuluh darah di area anus yang berpotensi menimbulkan wasir
  4. Konsumsi makanan rendah serat, makanan yang rendah serat berakibat konsistensi feses menjadi keras yang bisa mengakibatkan bendungan pembuluh darah di area anus yang berpotensi menimbulkan wasir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU