Wasir: Gejala, Pencegahan, dan Pengobatannya

SERUJI.CO.ID – Wasir yang juga sering di sebut sebagai ambeien atau hemorrhoid merupakan pelebaran pembuluh darah vena di didalam pleksus hemoroidalis yang terletak di daerah anus.

Diperkirakan bahwa 50 persen dari populasi yang berumur lebih dari 50 tahun menderita wasir secara nyata atau minimal. Kebanyakan dari mereka tidak ada keluhan/gejala.

Wasir bukan merupakan suatu keadaan yang patologis (tidak normal), namun bila sudah mulai menimbulkan keluhan, harus segera dilakukan tindakan untuk mengatasinya.

Gejala-Gejala Wasir

  1. Perdarahan pada waktu BAB, darah berwarna merah segar. Darah dapat menetes keluar dari anus beberapa saat setelah BAB.
  2. keluar suatu benjolan pada waktu BAB. Benjolan ini mula-mula dapat kembali spontan sesudah BAB, tetapi kemudian harus dimasukkan dengan jari dan akhirnya tidak dapat dimasukkan lagi.

Faktor Risiko Wasir

  1. Penuaan, umur yang semakin menua secara alami kekuatan dinding pembuluh darah akan semakin melemah, sehingga mudah terjadi pelebaran pembuluh darah vena termasuk yang di daerah anus, hal ini berpotensi menimbulkan wasir
  2. Wanita hamil, pada wanita hamil aliran darah di wilayah panggul agak terganggu sehingga memungkinkan terjadi bendungan di pembuluh darah yang berpotensi menimbulkan wasir.
  3. Konstipasi atau sembelit, feses yang keras menyebabkan sembelit yang bisa mengakibatkan bendungan pembuluh darah di area anus yang berpotensi menimbulkan wasir
  4. Konsumsi makanan rendah serat, makanan yang rendah serat berakibat konsistensi feses menjadi keras yang bisa mengakibatkan bendungan pembuluh darah di area anus yang berpotensi menimbulkan wasir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsisten Kemaruk Kekuasaan

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.