Hari Ini, Klinik Apung Said Tuhuleley Memulai Misi Kemanusiaan

AMBON – Sehari setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, klinik apung Said Tuhuleley telah memulai misi pertamanya, Sabtu (25/2). Klinik apung ini mulai melakukan kegiatan kemanusiaan.

Dimulai dengan kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan untuk pertama kalinya di kepulauan Saparua, Maluku. Dalam kegiatan itu, Lazismu sebagai pihak yang menginisiasi klinik ini akan menyertakan tim medis dari Rumah Sakit Islam Jakarta yang terdiri dari 3 dokter, 5 perawat dan 1 apoteker.

Pemilihan Saparua yang berjarak sekitar 50 mil dari kota Ambon sebagai tujuan pertama, dikarenakan merupakan tempat kelahiran Said Tuhuleley. Tokoh pemberdayaan Muhammadiyah yang diabadikan menjadi nama klinik tersebut. Said dikenal dengan dedikasi dan pengabdiannya yang totalitas membersamai dan memihak kaum mustadl’afin atau rakyat miskin dan termarjinalkan hingga akhir hayatnya.

Sehari sebelumnya, klinik apung diresmikan Presiden Jokowi tepat di belakang gedung Islamic Centre, tidak jauh dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Jumat (24/2). Peresmian operasional kapal yang diperuntukkan untuk layanan kesehatan dan kemanusiaan itu ditandai dengan pembunyian sirine dan penandatanganan prasasti Klinik Apung Said Tuhuleley.

PP Muhammadiyah menargetkan pengadaan 13 unit kapal klinik apung kemanusiaan. Dalam waktu dekat, Lazismu akan menambah 3 unit kapal guna memaksimalkan pelayanan bagi semua.

Anggota Badan Pengurus Lazismu, Joko Intarto menyatakan bahwa 3 unit kapal tambahan itu akan dinamai Klinik Apung Kemanusiaan 1, yang saat ini sudah dikirim ke Sorong, Kemanusiaan 2, akan dikirim ke Ternate dan Kemanusiaan 3, yang masih dalam proses penyelesaian di galangan di Surabaya. Rencananya Kemanusiaan 3 akan dioperasikan di Kalimantan Barat.

“Bantuan klinik apung ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat di daerah ini yang terdiri dari pulau-pulau. Kami berharap dengan keberadaan kapal ini akan mampu menjawab masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat di kepulauan terpencil,” tutur Haedar Nashir seusai peresmian.

Klinik ini dibangun dengan basis kapal yacht berdiameter 15 x 5 meter berbahan dasar fiberglass dengan berat mencapai 8 ton. Kapal yang dibangun di galangan Young Marine selama empat bulan ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan  layanan kesehatan masyarakat yang ada di pulau-pulau terluar, khususnya di Indonesia Timur.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.