Hari Ini, Klinik Apung Said Tuhuleley Memulai Misi Kemanusiaan

AMBON – Sehari setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, klinik apung Said Tuhuleley telah memulai misi pertamanya, Sabtu (25/2). Klinik apung ini mulai melakukan kegiatan kemanusiaan.

Dimulai dengan kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan untuk pertama kalinya di kepulauan Saparua, Maluku. Dalam kegiatan itu, Lazismu sebagai pihak yang menginisiasi klinik ini akan menyertakan tim medis dari Rumah Sakit Islam Jakarta yang terdiri dari 3 dokter, 5 perawat dan 1 apoteker.

Pemilihan Saparua yang berjarak sekitar 50 mil dari kota Ambon sebagai tujuan pertama, dikarenakan merupakan tempat kelahiran Said Tuhuleley. Tokoh pemberdayaan Muhammadiyah yang diabadikan menjadi nama klinik tersebut. Said dikenal dengan dedikasi dan pengabdiannya yang totalitas membersamai dan memihak kaum mustadl’afin atau rakyat miskin dan termarjinalkan hingga akhir hayatnya.

Sehari sebelumnya, klinik apung diresmikan Presiden Jokowi tepat di belakang gedung Islamic Centre, tidak jauh dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Jumat (24/2). Peresmian operasional kapal yang diperuntukkan untuk layanan kesehatan dan kemanusiaan itu ditandai dengan pembunyian sirine dan penandatanganan prasasti Klinik Apung Said Tuhuleley.

PP Muhammadiyah menargetkan pengadaan 13 unit kapal klinik apung kemanusiaan. Dalam waktu dekat, Lazismu akan menambah 3 unit kapal guna memaksimalkan pelayanan bagi semua.

Anggota Badan Pengurus Lazismu, Joko Intarto menyatakan bahwa 3 unit kapal tambahan itu akan dinamai Klinik Apung Kemanusiaan 1, yang saat ini sudah dikirim ke Sorong, Kemanusiaan 2, akan dikirim ke Ternate dan Kemanusiaan 3, yang masih dalam proses penyelesaian di galangan di Surabaya. Rencananya Kemanusiaan 3 akan dioperasikan di Kalimantan Barat.

“Bantuan klinik apung ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat di daerah ini yang terdiri dari pulau-pulau. Kami berharap dengan keberadaan kapal ini akan mampu menjawab masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat di kepulauan terpencil,” tutur Haedar Nashir seusai peresmian.

Klinik ini dibangun dengan basis kapal yacht berdiameter 15 x 5 meter berbahan dasar fiberglass dengan berat mencapai 8 ton. Kapal yang dibangun di galangan Young Marine selama empat bulan ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan  layanan kesehatan masyarakat yang ada di pulau-pulau terluar, khususnya di Indonesia Timur.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.