Di Dalam Rumah yang Sehat Terdapat Hidup yang Nyaman

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah rumah. Rumah merupakan tempat kita beraktifitas dengan santai, tempat kita menjalin kasih sayang dengan keluarga, mendidik anak, beribadah dan banyak hal lainnya. Maka bila rumah kita sehat maka hidup kita pun akan terasa lebih nyaman.

Definisi rumah menurut UU No. 4/1992 adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga. Rumah bisa dikatakan sehat secara fisik bukan terletak pada kemewahan dan keindahannya, bisa jadi rumah terlihat megah akan tetapi tidak memenuhi persyaratan kesehatan, demikian pula sebaliknya rumah bisa terlihat sederhana namun ternyata justru memenuhi persaratan kesehatan. Rumah yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan bisa beresiko sebagai tempat penyebaran penyakit.

Rumah dikatakan sehat apabila terdapat 6 hal;

1. Tersedia air bersih dalam jumlah yang cukup,
Air bersih adalah air yang jernih, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa/tawar, tetapi tidak boleh diminum sebelum disterilisasi agar kuman yang ada didalamnya mati.

2. Tersedia kamar mandi, jamban dan septic tank
Kamar mandi dan jamban harus sering dibersihkan untuk menghindari berkembangnya kuman penyakit.

3. Tersedia saluran pembuangan limbah
Air limbah ialah air bekas dari kamar mandi, tempat cuci dan dapur, tidak termasuk air dari jamban/WC. Air limbah juga mengandung kuman yang diantaranya kuman-kuman tersebut dapat menyebabkan penyakit sehingga air limbah menjadi sumber penularan penyakit. Sarana pembuangan air limbah yang sehat apabila saluran tersebut dapat mengalirkan air limbah dari sumbernya (dapur, kamar mandi) ke tempat penampungan air limbah dengan lancar tanpa mencemari lingkungan dan tidak dapat dijangkau serangga dan tikus.

4. Tidak padat penghuni
Kebutuhan ruang perorang minimal 9 meter persegi

5. Ventilasi dan pencahayaan yang cukup
Buatlah ventilasi yang memungkinkan cahaya matahari bisa masuk, luasnya minimal sepersepuluh luas lantai pada satu ruangan. Cara mudah menilai apakah cahaya disuatu ruangan cukup atau tidak adalah dengan membaca tanpa lampu, bila tulisan bisa dibaca jelas tanpa bantuan lampu maka ruangan tersebut sudah cukup cahaya.

6. Bangunan yang kokoh
Bahan pokoknya dominan dari tembok, besi baja atau bahan lain yang lebih kuat dari pada kayu.

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER