Kehamilan merupakan peristiwa istimewa bagi keluarga. Dalam mengawal peristiwa istimewa tersebut diperlukan pemahaman terhadap tanda bahaya pada kehamilan supaya tidak terjadi hal-hal yang fatal. Berikut tanda bahaya pada kehamilan yang harus segera ditangani:

1Perdarahan Dari Jalan Lahir

Perdarahan pada hamil muda maupun pada hamil tua harus diwaspadai, kehamilan pada hamil muda kemungkinan merupakan tanda keguguran kandungan sedangkan perdarahan pada hamil tua kemungkinan ada kelainan letak placenta. Apabila perdarahan tidak segera diatasi ibu bisa kehabisan darah sehingga nyawa ibu maupun bayi bisa terancam.
Bengkak di kaki, tangan atau wajah disertai sakit kepala dan atau kejang.

Jangan sepelekan adanya bengkak pada daerah tersebut karena bisa jadi itu merupakan tanda-tanda pre-eklamsia maupun eklamsia. Eklamsia adalah komplikasi kehamilan yang serius bisa menimbulkan koma dan angka kamatiannya tinggi. Pre-eklamsia apabila tidak segera ditangani bisa berlanjut menjadi eklamsia.

3Air Ketuban Keluar Sebelum Waktunya

Idealnya air ketuban pecah pada saat persalinan, namun ada kasus air ketuban keluar sebelum waktunya, keluarnya bisa hanya merembes dan bisa pula deras, warnanya bening. Air ketuban keluar dari jalan lahir dan keluar secara otomatis tanpa harus mengejan dan tidak bisa ditahan. Bila tidak segera diatasi aka mengancam keselamatan bayi dalam kandungan.

4Bayi dikandungan gerakannya berkurang atau tidak bergerak

Ibu hamil biasa merasakan gerakan bayi dalam kandungannya, apabila ibu merasa gerakannya berkurang bisa jadi merupakan tanda bayi dalam keadaan gawat. Segeralah mendatangi dokter kandungan untuk mendapat pertolongan.

5Muntah terus dan tidak mau makan

Makanan merupakan sumber nutrisi dan energi bagi kehidupan manusia termasuk ibu hamil. Tapi dikarenakan kehamilannya banyak kita temukan ibu hamil tidak mau makan dan muntah terus sehingga asupan gizinya berkurang. Jangan dianggap bisa hal seperti ini sebab ibu bisa dehidrasi karena kekurangan cairan dan makanan. Biasanya dokter akan memberikan obat anti muntah yang aman buat ibu hamil serta memberikan infus apabila didapatkan tanda-tanda dehidrasi.

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama