Tim Cimol “Hoax Analyzer” Juarai ASEAN ICT Awards

0
102
Tim Cimol
Tim Cimol dengan karya "Aplikasi Anti-Hoax" meraih Juara Pertama ASEAN ICT Award 2017 Kategori R&D. (Foto: Dok Kemkominfo)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Tim Cimol dengan karyanya, Hoax Analyzer, yang mewakili Indonesia di ajang ASEAN ICT Awards (AICTA) 2017 di Siem Reap, Kamboja, meraih juara pertama di bidang riset dan pengembangan dengan mendapat penghargaan emas.

Tim Cimol digawangi tiga mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Adinda Budi Kusuma Putra, Feriyandi Nurdiantoro, dan Tiffany. Tiffany dalam kesempatan tersebut tidak dapat hadir di Kamboja karena sedang belajar pascasarjana di Jepang, demikian siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Jumat (1/12).

Tim tersebut mampu menyisihkan dua peserta dari Thailand yang masing-masing mendapatkan perak dan perunggu pada final penjurian yang digelar pada Kamis, 30 November 2017. Dalam penjurian, Tim Cimol mendapatkan keunggulan sembilan dari 12 juri yang memberikan penilaian.

Dari enam kategori dalam perhelatan AICTA dan setelah melalui proses penjurian final pada 30 November tersebut diperoleh pemenang emas yaitu Kamboja mendapatkan tiga emas, kemudian Indonesia satu emas, Singapura satu emas dan Laos satu emas.

Ajang final AICTA diikuti oleh peserta-peserta enam negara yaitu Indonesia, Kamboja, Laos, Singapura, Thailand, dan Vietnam yang masuk sampai ke tahap final, sedangkan peserta-peserta empat negara lain yaitu Brunei, Filipina, Malaysia dan Myanmar tidak masuk sampai ke tahap final.

Peserta Indonesia yang Lolos sampai tahap final satu peserta Tim Cimol di antara 15 peserta Indonesia lainnya.

AICTA merupakan inisiatif yang digagas oleh menteri-menteri telekomunikasi se-ASEAN. Inisiatif ini sejalan dengan salah satu dari 6 langkah strategi ASEAN yang tercantum pada ASEAN ICT Masterplan (AIM) yaitu promosi, inovasi dan kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan lembaga lainnya. Terdapat enam kategori dalam kompetisi AICTA yaitu sektor publik, sektor swasta, tanggung jawab sosial perusahaan, konten digital, perusahaan startup serta riset dan pengembangan.

Sementara itu, penyerahan AICTA Awards 2017 berlangsung pada saat Gala Dinner AICTA 2017, Kamis, 30 November 2017. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang didampingi Sekretaris Jenderal ITU Houlin Zhou menyerahkan langsung penghargaan kepada Tim Cimol Indonesia. Selanjutnya untuk penyelenggaraan AICTA 2018 akan berlangsung di Indonesia bersamaan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Telsom/Telmin pada tahun 2018. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU