Pemerintah Pungut Pajak Tiga Kategori Perdagangan Online

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Bisnis online kian menjamur, seiring pemerintah pusat mencanangkan pemungutan pajak untuk transaksi perdagangan online atau e-commerce.

“Solusi yang dilakukan pemerintah sangat perlu, karena nantinya mampu mendorong Pendapatan Pemerintah, APBN dan APBD,” ungkap General Manager E-Commerce, PT Bimasakti Multi Sinergi, Bagus Cahoyono, saat ditemui, Kamis (4/1)

Ada tiga kategori e-commerce yang dikenakan pajak, Classified Ads (jasa layanan pasang Iklan di situs online), Marketplace (Penyedia Layanan Jual Beli Online) dan Online Shop.

Tata cara pemungutan pajak yang baik adalah, dilakukan oleh pemerintah, karena sesuai subjek dan obyeknya. Selain itu, pajak bagi e-commerce juga berdampak positif dan negatif.

Menurut Bagus, pengembangan kedepannya kemungkinan akan positif, namun dengan syarat kalau pelaku UMKM, disuport pemerintah, terkait sertifikat halal, perizinan, pemasaran dan kemudahan lainnya.

“Kalau misal satu produk kena pajak seribu rupiah, maka pemerintah harus memberikan kemudahan, tapi jika perlu para pelaku UMKM didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) agar produk mereka tidak diakui negara luar,” terangnya. (Devan/Hrn)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER