Verizon Akuisisi Yahoo, Begini Nasib Pemilik Akun Yahoo

0
196
yahoo
Markas Yahoo di Sunnyvale, America Serikat (foto: SiliconBeat)

SUNNYVALE – Perusahaan telekomunikasi terkemuka Amerika Serikat, Verizon Communications Inc mengatakan pada hari Selasa (13/6) bahwa pihaknya telah menyepakati akuisisi bisnis inti Yahoo Inc senilai USD 4,48 miliar. Selesainya akuisisi tersebut menandai berakhirnya Yahoo sebagai perusahaan internet yang berdiri sendiri, salah satu pelopor teknologi yang pernah bernilai lebih dari USD 100 miliar.

Produk Yahoo sangat populer di dunia termasuk Indonesia pada awal tahun 2000 dengan situs mesin pencarian, aplikasi chat Yahoo Messenger, dan jasa emailnya. Namun seiring waktu pamor perusahaan bentukan Jerry Yang dan David Vilo itu memudar dan kalah bersaing dengan Google dan Facebook yang selanjutnya mendominasi jasa pelayanan internet di dunia.

Verizon, operator nirkabel No. 1 di Amerika Serikat, akan menggabungkan Yahoo dengan AOL, yang dibeli dua tahun yang lalu, untuk membentuk perusahaan baru bernama Oath, yang akan dipimpin oleh CEO AOL Tim Armstrong.

Oath adalah perusahaan induk yang membawahi lebih dari 50 merek termasuk HuffPost, TechCrunch dan Tumblr.

“Mengingat perubahan yang terkait peran saya, maka saya akan mundur dari perusahaan tersebut,” tulis Marissa Mayer, CEO Yahoo, dalam sebuah email kepada karyawannya pada hari Selasa (13/6).

Tim Armstrong mengatakan kepada karyawan perusahaan bahwa cakupan layanan perusahaan gabungan tersebut akan mencapai lebih dari satu miliar orang setiap bulannya.

“Untuk mencapai tujuan dan sasaran itu kita akan memerlukan penyesuaian terhadap perusahaan,” kata Tim, dilansir dari Reuters, Selasa (13/6).

Dia mengatakan bahwa kesempatan tersebut bukanlah tentang pendapat dari para pakar dan ini bukan tentang kompetisi.

“Ini bukan tentang kompetisi, ini tentang kemampuan kita untuk fokus dalam memberikan layanan terbaik kepada konsumen mobile,” ujarnya.

Kesepakatan tersebut, yang awalanya diumumkan pada bulan Juli tertunda karena perusahaan tersebut menilai dampak dari kebocoran data yang diungkapkan Yahoo tahun lalu.

Reuters melaporkan pekan lalu bahwa Verizon merencanakan untuk memangkas sekitar 2.000 pekerjanya, atau 15 persen, dari 14.000 karyawan di unit Yahoo dan AOL-nya.

Verizon diperkirakan akan melakukan pemangkasan karyawan pada awal hari Rabu (14/06).

Pada Jumat nanti (16/6), sisa aset Yahoo yang tidak diakuisisi oleh Verizon akan diganti namanya menjadi Altaba Inc, perusahaan induk yang aset utamanya adalah 15,5 persen saham di Alibaba Group Holding Ltd dan 35,5 persen saham di Yahoo Japan Corp.

Lantas, bagaimana nasib pemilik akun Yahoo?

Di Amerika Serikat, Yahoo adalah layanan email terpopuler kedua di belakang Gmail milik Google. Bahkan lebih populer di Eropa dan Amerika Latin, dan juga Indonesia. Karena itu, masuk akal bagi Verizon untuk tetap mempertahankan merek itu secara utuh, menurut analis eMarketer, Paul Verna.

Sebelum mengakuisisi Yahoo, Verizon telah lebih dahulu membeli perusahaan penyedia email AOL.

“Akuisisi AOL ini ternyata tidak memiliki perubahan dramatis pada pelayanannya, sehingga dapat diduga bahwa akuisisi Yahoo akan memiliki efek yang sama dalam waktu dekat,” jelasnya.

Orang dengan alamat email AOL tidak perlu mengubah alamat email mereka, justru Verizon benar-benar meningkatkan akun email AOL dengan penyimpanan tak terbatas dan lebih banyak ruang untuk lampiran email.

“Dengan 225 juta pengguna di seluruh dunia, mereka tidak akan mengambil resiko untuk melakukan apa pun, setidaknya dalam enam sampai 12 bulan ke depan,” kata Randy Giusto, analis di Outsell.

“Saya pikir Yahoo akan menjadi sub-brand seperti AOL,” kata Giusto, dikutip dari ABC News. (M.Gauzal/IwanY)

Komentar

BACA JUGA
Jiwa Seni Puti Guntur

Bertemu Seniman, Puti Soekarno Berkisah Tentang Jiwa Seni Kakek dan Keluarganya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno bertemu dengan kalangan seniman yang tergabung Forum Masyarakat Seni Indonesia (Formasi)...
Relawan Gus Ipul

60 Kelompok Relawan Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 60 kelompok relawan pendukung calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur siap memenangkan paslon tersebut di kontestasi Pilgub 2018. Para...
Mediator kesehatan

Mediator Kesehatan Diharapkan Mampu Memediasi Perselisihan di Bidang Kesehatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya bersama Jimly School of Law and Goverment berupaya mengembangkan profesi mediator kesehatan. "Ini dinilai penting sebagai upaya...
buku Boko Haram

Bedah Buku Boko Haram: Indonesia Harus Belajar Pengalaman Nigeria

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Centre For Statecraft and Citizenship Studies (CSCS) Universitas Airlangga, Rosdiansyah menangkap pesan utama dari buku “BOKO HARAM: The History of...
persiba

Persiba Gagal Bendung Ketangguhan Sriwijaya FC

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Tuan rumah Persiba Balikpapan gagal membendung ketangguhan Sriwijaya FC dan menyerah 0-1 pada pertandingan babak penyisihan Grup B turnamen Piala Gubernur Kalimantan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...