Menkominfo Minta KPI Perkuat Manajemen Konten

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áMenteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat dan daerah memperkuat pengawasan pada konten, atau manajemen konten untuk meningkatkan kualitas penyiaran.

“Kita harusnya berhenti di tataran izin, perkuat KPI dan KPID untuk pengawasan konten atau manajemen konten,” ujar dia dalam acara puncak Rapat Koordinasi Nasonal 2018 KPI di Palu, Sulawesi Tengah, Ahad (1/4), dikutip dari siaran pers.

Rudiantara menyebut dunia penyiaran mengalami perubahan mendasar, bukan soal platform atau infrastruktur yang akan mengemuka dan menjadi perhatian, melainkan konten.

Untuk TV “free to air” mudah diawasi, ucap dia, tetapi “free to air” bukan satu-satunya media untuk menyebarluaskan konten ke masyarakat, terdapat satelit, media sosial, dan media daring.

Selain mengupas soal digitalisasi yang menjadi salah satu alasan Revisi UU Penyiaran, Rudiantara juga menyebut akan memasukkan reposisi peran KPI agar kembali ke pengawasan konten.

“Kami akan masukkan reposisi peran KPI agar ke khittah manajemen konten,” ujar dia.

Kepada seluruh pemilik dan pengelola lembaga penyiaran, Menkominfo mendorong untuk menyampaikan kebenaran dan menyajikan hiburan yang tidak sekadar jadi tontonan, melainkan juga jadi tuntunan.

Saat ini di Indonesia terdapat sekitar 2.700 lembaga penyiaran, sebanyak 1.100 lembaga siaran televisi dan 1.600 siaran radio.

Berdasarkan hasil riset Trust Barometer, kata Rudiantara, terdapat penurunan signifikan kepercayaan publik terhadap keberadaan media sosial dan media daring sehingga menjadi peluang media umum, termasuk penyiaran.

“Selama ini media sosial dan online hanya mengandalkan kecepatan, tetapi keakurasian nomor sekian. Mohon dimanfaatkan oleh LPS, LPP dan LPK agar jadi sumber informasi yang tepercaya,” kata Menkominfo. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER