SKK Migas: Penerapan Manajemen Anti Suap Buat Investasi Menarik

0
52
Minyak bumi (foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan penerapan SNI ISO 37001 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan dapat membuat investasi hulu migas lebih menarik.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dalam Seminar “Sistem Manajemen Anti Penyuapan di Sektor Hulu Migas” di Jakarta, Selasa (27/3), mengatakan jika praktik “bribery” atau penyuapan dihilangkan, investor akan terbebas dari intervensi dalam mengambil keputusan.

“Kalau penyuapan itu bisa dihilangkan dari dunia hulu migas, investor waktu mengambil keputusan-keputusan investasi tidak terganggu oleh suap menyuap. Ini akan menjadikan dunia migas Indonesia lebih menarik dan investasi lebih meningkat,” tutur Amien.

Amien menjelaskan SKK Migas mulai mengimplementasikan SNI ISO 37001 sejak pertengahan tahun lalu guna membantu terciptanya industri hulu migas yang transparan dan efisien.

Ada pun SNI ISO 37001:2016 adalah sebuah instrumen yang dirancang untuk membantu sebuah organisasi mengembangkan, mengimplentasikan, dan memperbaiki program anti-suap.

Instrumen ini berisi serangkaian tindakan, kontrol, atau prosedur yang harus dilakukan untuk mencegah, mendeteksi, dan mengatasi suap.

“SKK Migas sudah mulai mengintegrasikan SNI 37001:016 ke dalam proses bisnis SKK Migas serta mengkomunikasikan instrumen tersebut baik ke internal maupun eksternal,” kata dia.

Dalam fase implementasi ini, SKK Migas telah melakukan beberapa langkah di antaranya menerbitkan aturan yang mempertegas larangan menerima dan memberikan suap yang berlaku kepada manajemen, pegawai, dan tenaga alih daya di SKK Migas.

Langkah ini akan ditindak lanjuti dengan adanya verifikasi dan uji kelayakan terhadap seluruh sumber daya manusia di SKK Migas.

Selain itu, SKK Migas juga telah melakukan sosialisasi penerapan SNI IS0 37001 kepada penyedia barang dan jasa di lingkungan SKK Migas. Nantinya, para penyedia barang dan jasa ini juga akan melalui verifikasi dan uji kelayakan sebelum mereka mulai menjalin kerja sama dengan SKK Migas.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Dianggap “Loyalis” SBY, Peluang Moeldoko Dampingi Jokowi Bisa Terganjal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Nama Mantan Panglima TNI, Moeldoko makin santer disebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres) ...
IMG_20180324_111527

Optimis Prabowo Menang, Koalisi Gerindra, PAN, dan PKS Mulai Susun Kabinet

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Koalisi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional menyatakan mengambil langkah maju untuk menyusun rancangan kabinet sejak dini, yang...
Prabowo Subianto

Kantongi Tiket Capres, Gerindra Optimis Prabowo Akan Memenangkan Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra menyatakan ketua umumnya Prabowo Subianto telah memastikan maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019. Hal itu setelah koalisi pertai pendukung...

Salah Persepsi di Masyarakat Terkait SKM, Senator Minta Pemerintah Sosialisasi Masif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Karena adanya persepsi yang keliru ditengah masyarakat, terkait susu kental manis (SKM), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris meminta Pemerintah...
PERKOSMI Periode 2018-2022

Direktur Unilever Ini Pimpin PERKOSMI Periode 2018-2022

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI) Pusat resmi melantik pengurus periode 2018-2022 yang dipimpin oleh Sancoyo Antarikso sebagai Ketua Umum. Sancoyo terpilih...