Diincar Upaya Pembunuhan, PM Palestina Selamat dari Ledakan Bom

GAZA, SERUJI.CO.ID – Perdana Menteri (PM) Palestina Rami Hamdallah selamat dari upaya pembunuhan di Gaza pada Selasa (13/3), demikian Otoritas Palestina setelah sebuah ledakan terjadi di dekat konvoinya.

Beberapa menit setelah ledakan tersebut, Hamdallah, yang tidak terluka, menyampaikan pidato dalam peresmian pabrik pengolahan limbah di Jalur Gaza, demikian cuplikan rekaman dalam siaran televisi langsung. Dia mengatakan dalam pidatonya bahwa tiga mobilnya telah rusak.

Otoritas tersebut mengatakan bahwa pihaknya menahan kelompok Hamas yang mendominasi daerah kantung, yang bertanggung jawab atas serangan tersebut, seketika menuduh kelompok tersebut melakukan penyerangan, namun mengatakan pihaknya telah gagal memberikan keamanan yang memadai.

Kementerian Dalam Negeri Gaza yang dipimpin Hamas mengatakan, ledakan tersebut terjadi saat konvoi perdana menteri melewati Kota utara Beit Hanoun. Tidak ada yang terluka dan petugas keamanan telah memulai penyelidikan, demikian juru bicara kementerian Eyad Al-Bozom.

Perdana menteri tersebut bermarkas di Tepi Barat yang diduduki dan melakukan perjalanan darat, melalui Israel, ke Jalur Gaza. Polisi mengatakan, ledakan tersebut terjadi tak lama setelah konvoi Hamdallah lewat, dan seorang saksi mengatakan bahwa konvoi tersebut menampakkan dua mobil pada akhir iring-iringan kendaraan mengalami kerusakan.

“Kepresidenan Palestina meminta Hamas bertanggung jawab atas penargetan pengecut dari konvoi Perdana Menteri di Gaza,” demikian laporan kantor berita resmi Palestina, WAFA.

Otoritas Palestina Hamas dan Abbas masih terpecah atas bagaimana menerapkan kesepakatan rekonsiliasi yang diperantarai Mesir. Hamas menguasai Jalur Gaza pada 2007.

“Serangan terhadap pemerintah konsensus adalah sebuah serangan terhadap kesatuan rakyat Palestina,” demikian Nabil Abu Rdainah, juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Ledakan semacam itu pernah terjadi di dekat tempat di mana konvoi diplomatik Amerika Serikat diledakkan oleh bom yang dikendalikan jarak jauh pada 2003, sesaat setelah memasuki Jalur Gaza. Tiga spesialis keamanan Amerika tewas dan seorang diplomat AS terluka dalam ledakan itu. (Ant/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.