Menlu: IAF Buktikan Komitmen Indonesia Kepada Afrika

NUSA DUA, SERUJI.CO.ID – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan kepada para perwakilan negara Afrika bahwa Forum Indonesia-Afrika atau IAF, menunjukkan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama dengan negara-negara Afrika.

“Selama lebih dari satu tahun kami telah bekerja keras dalam mempersiapkan Forum Indonesia-Afrika ini. Hal ini kami lakukan untuk menunjukkan komitmen Indonesia dalam memperkuat cinta dan kerja samanya dengan Afrika,” kata Menlu Retno Marsudi di Nusa Dua Bali Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4).

Menlu RI menyampaikan kepada perwakilan negara-negara Afrika dalam acara pembukaan IAF bahwa Indonesia berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang diwarnai dengan kesetaraan, kepedulian, serta kolaborasi yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.

“Anda mungkin bertanya, mengapa Indonesia memprakarsai Indonesia-Africa Forum. Jawaban cepatnya adalah karena Indonesia mencintai Afrika. Kecintaan kami pada Afrika tidak hanya tercermin dalam kata-kata, tetapi juga tercermin dalam perbuatan,” ujar Retno.

Dia menekankan bahwa Indonesia ingin berperan dan menjadi bagian dari pembangunan di negara-negara Afrika.

“Indonesia ingin menjadi bagian dari pembangunan di Afrika, dan sebaliknya Indonesia ingin Africa menjadi bagian dari pembangunan di Indonesia,” ucapnya.

Menlu RI mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mempelajari Visi Afrika 2063 dan memantau kemajuan dari Benua Perdagangan Bebas Afrika (Africa Free Trade Continent). (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER