Indonesia-Somalia Sepakat Dorong Kerja Sama Ekonomi

0
35
IAF 2018
Logo IAF 2018

NUSA DUA, SERUJI.CO.ID –¬†Pemerintah Indonesia dan Somalia sepakat untuk mendorong sektor swasta meningkatkan kerja sama infrastruktur dan perdagangan karena masih terdapat ruang yang besar untuk mendongkrak ekonomi kedua negara.

“Tren perdagangan (Indonesia-Somalia) naik hampir 30 persen rata-rata setiap tahun,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menlu Somalia Mukhtar Mahad Da’ud di sela-sela Forum Indonesia Afrika (IAF) di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (11/4).

Menurut Menlu, nilai perdagangan dengan Somalia mencapai hampir 76 juta dolar AS dengan peningkatan tertinggi terjadi tahun 2017 dengan lonjakan mencapai 80 persen.

Komoditas yang dibutuhkan Somalia, lanjut Retno, di antaranya pupuk dan kebutuhan lainnya.

Retno Marsudi menambahkan negara di Afrika Timur itu juga mendorong investor Indonesia bekerja sama untuk sektor infrastruktur, pertanian dan perikanan.

Indonesia, imbuh Menlu, juga turut berperan dalam mendukung pembangunan infrastruktur di negara yang baru lepas dari konflik itu.

Menurut Retno, Indonesia ikut berkontribusi dalam proses pembangunan pelabuhan namun partisipasi itu lebih fokus diberikan dalam hal desain pelabuhan.

“Ini merupakan upaya campuran dari beberapa negara untuk bekerja sama dengan Somalia dalam pembangunan pelabuhan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pemerintah Somalia juga mengharapkan bantuan teknis untuk para diplomat dan tenaga pertanian karena pertanian merupakan salah satu sumber ekonomi di negara tersebut.

“Kami siap memberikan pelatihan itu,” ucap Menlu Retno.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...