Indonesia-Somalia Sepakat Dorong Kerja Sama Ekonomi

0
36
IAF 2018
Logo IAF 2018

NUSA DUA, SERUJI.CO.ID –┬áPemerintah Indonesia dan Somalia sepakat untuk mendorong sektor swasta meningkatkan kerja sama infrastruktur dan perdagangan karena masih terdapat ruang yang besar untuk mendongkrak ekonomi kedua negara.

“Tren perdagangan (Indonesia-Somalia) naik hampir 30 persen rata-rata setiap tahun,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menlu Somalia Mukhtar Mahad Da’ud di sela-sela Forum Indonesia Afrika (IAF) di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (11/4).

Menurut Menlu, nilai perdagangan dengan Somalia mencapai hampir 76 juta dolar AS dengan peningkatan tertinggi terjadi tahun 2017 dengan lonjakan mencapai 80 persen.

Komoditas yang dibutuhkan Somalia, lanjut Retno, di antaranya pupuk dan kebutuhan lainnya.

Retno Marsudi menambahkan negara di Afrika Timur itu juga mendorong investor Indonesia bekerja sama untuk sektor infrastruktur, pertanian dan perikanan.

Indonesia, imbuh Menlu, juga turut berperan dalam mendukung pembangunan infrastruktur di negara yang baru lepas dari konflik itu.

Menurut Retno, Indonesia ikut berkontribusi dalam proses pembangunan pelabuhan namun partisipasi itu lebih fokus diberikan dalam hal desain pelabuhan.

“Ini merupakan upaya campuran dari beberapa negara untuk bekerja sama dengan Somalia dalam pembangunan pelabuhan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pemerintah Somalia juga mengharapkan bantuan teknis untuk para diplomat dan tenaga pertanian karena pertanian merupakan salah satu sumber ekonomi di negara tersebut.

“Kami siap memberikan pelatihan itu,” ucap Menlu Retno.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU