Rusia Usir 60 Diplomat Amerika Serikat

0
66
Kementerian Luar Negeri Rusia (foto: istimewa)

MOSKOW, SERUJI.CO.ID –┬áRusia telah memerintahkan 60 diplomat Amerika Serikat untuk pergi meninggalkan negara itu paling lambat pada 5 April, kata Kementerian Luar Negeri Rusia, Kamis (29/3).

Perintah itu dikeluarkan sebagai balasan atas langkah serupa yang sebelumnya diambil Washington dengan mengusir 60 diplomat Rusia terkait peracunan terhadap seorang mata-mata Rusia di Inggris.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya telah menyatakan 58 diplomat AS di Moskow “persona non grata” (tidak diterima), demikian pula dengan dua pejabat Konsulat Jenderal AS di Yekaterinburg, dalam perselisihan antar negara menyangkut peracunan mantan agen intelijen ganda Rusia Sergei Skripal pada 4 Maret.

Beberapa saat sebelum kementerian tersebut mengeluarkan pengumuman, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan Rusia akan membalas aksi pengusiran besar-besaran terhadap diplomatnya oleh pemerintah negara-negara Barat termasuk, selain Amerika Serikat dan Inggris, sebagian besar negara anggota NATO dan Uni Eropa.

“Langkah-langkah itu akan dibalas… termasuk pengusiran diplomat dalam jumlah yang sama serta termasuk keputusan kita untuk menarik perjanjian kita untuk mengizinkan konsulat jenderal Amerika Serikat beroperasi di St. Petersburg,” kata Lavrov dalam acara jumpa pers. (Ant/SU03)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU