Ribuan Orang Yunani Gelar Pawai Tolak Serangan AS ke Suriah

ATHENA, SERUJI.CO.ID – Ribuan pemrotes di Yunani berpawai di pusat Kota Athena pada Sabtu (14/4) untuk menentang serangan pimpinan AS terhadap Suriah sehubungan dengan dugaan penggunaan senjata kimia.

Sambil meneriakkan slogan yang menentang “pembunuhan bangsa”, sebanyak 6.000 anggota Partai Komunis Yunani (KKE), menurut perkiraan polisi, berkumpul di luar gedung Parlemen dan berpawai ke Kedutaan Besar AS di Athena.

Sekretaris Jenderal KKE Dimitris Koutsoumbas, yang memberi sambutan dalam pertemuan terbuka protes tersebut, menyeru Pemerintah Yunani agar menjauhkan diri dari konflik itu, menutup pangkalan asing dan keluar dari NATO.

Protes serupa guna menentang agresi imperialis diselenggarakan oleh kelompok Sayap Kiri di Ibu Kota Yunani, Athena, demikian laporan Xinhua. Protes tersebut berlangsung dengan damai.

“Saya tak bisa memberitahu apa yang bisa diperoleh rakyat hanya dari pertemuan terbuka hari ini, tapi biasanya rakyat yang berbicara tentu saja bermanfaat, jika makin banyak warga bangkit dan memprotes,” kata Thodoris Anastassopoulos, salah seorang demonstan anti-perang, kepada Xinhua.

Baca juga: Protes Serangan Udara AS ke Suriah Akan Digelar di Oregon

Nikos Vourdoumbas, seorang guru, termasuk di antara kerumunan orang yang melancarkan protes di luar Kedutaan Besar AS di Athena.

“Sangat jelas bahwa pernyataan yang mereka keluarkan berkaitan dengan senjata kimia adalah dalih. Alasan sesungguhnya buat serangan udara ialah menguasai sumber energi wilayah tersebut. Kami mengutuk serangan itu,” kata Vourdoumbas kepada Xinhua.

Di dalam satu pernyataan pers pada Sabtu (15/4) pagi, Kementerian Luar Negeri Yunani mendesak masyarakat internasional agar tetap memusatkan perhatian pada menemukan penyelesaian politik dan berkelanjutan di Suriah penyelesaian yang akan mengakhiri perang dan memulihkan kedamaian di negeri tersebut dan wilayah itu.

“Diplomasi harus kembali ke tengah pentas, dan upaya dalam kerangka kerja PBB harus dilanjutkan,” kata Kementerian Luar Negeri Yunani. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahok Menohok

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi