Raih Gelar Wimbledon ke-8, Federer Petenis Terbaik Sepanjang Masa

41
Caption:Petenis Swiss Roger Federer mengangkat trofi Wimbledon setelah menaklukkan petenis Kroasia Marin Cilic. (foto: AFP)

LONDON – Roger Federer memperkuat statusnya sebagai petenis terbaik sepanjang masa pada hari Minggu (18/07) dengan kemenangan 6-3, 6-1, 6-4 atas Marin Cilic di final Wimbledon.

Itu adalah gelar Grand Slam ke-19 bagi petenis Swiss berusia 35 tahun itu, suatu raihan terbanyak oleh seorang petenis pria. Ia juga mencatat gelar kedelapan di Grand Slam lapangan rumput Wimbledon.

“Yang ini terasa, ini adalah tentang rekor, tentang menjadi pemain pria pertama yang meraih delapan kemenangan Wimbledon di tunggal,” kata Federer kepada Tennis.com, Senin (17/7).

“Ini hal yang besar sekali untuk saya. Saya menjadi yang pertama yang melakukan itu. Saya sangat bersyukur bahwa saya bisa menandai sejarah Wimbledon karena Wimbledon sangat berarti bagi saya.” lanjutnya.

Selama dua minggu yang dominan, Federer menjadi orang kedua di era kejuaraan terbuka – Bjorn Born pada tahun 1976 menjadi yang pertama – yang memenangkan Wimbledon tanpa menjatuhkan satu set pun. Sejarah itu mengejutkan bahkan bagi sang juara sendiri.

“Pada posisi unggul 2-0 saya katakan pada diri sendiri bahwa saya akan kehilangan set ketiga ini karena saya tidak pernah memenangkan Wimbledon tanpa menjatuhkan satu set pun,” Federer mengakui.

“Tak pelak lagi, saya pasti kehilangan satu set, jadi mungkin itu yang ketiga.” Nyatanya tidak seperti itu, Federer pun akhirnya menghabiskan Cilic untuk membungkus Grand Slam keduanya di tahun 2017.

Januari lalu Federer menaklukkan petenis Spanyol Rafael Nadal di final Australian Open 2017. (Gzl)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama