Polisi Jerman Tambah Personel Atasi Demo Anti G20 di Hamburg

HAMBURG – Sejumlah 160 personel polisi mengalamai luka-luka saat menghadapi pengunjuk rasa yang menentang para pemimpin dunia menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hamburg, Jumat (7/7). Para pengunjuk rasa selain bentrok dengan polisi, juga membakar mobil-mobil, penghalang, dan tempat sampah.

“160 personel polisi telah mengalami luka-uka dalam kekerasan yang mengerikan,” kata Menteri Dalam Negeri Hamburg, Andy Grote, seperti dikutip dari Reuters.

Tiga personel polisi memerlukan perawatan di rumah sakit, kata polisi, dengan menambahkan bahwa para pemerotes juga menggunakan tembakan-tembakan ringan serta botol dan bebatuan.

Pasukan polisi dari negara-negara bagian Jerman dikerahkan untuk memperkuat 15.000 personel yang sudah bertugas di kota pelabuhan di bagian utara Jerman itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama KTT G20, sementara kekerasan meningkat.

“Keamanan yang diperketat di sekitar kawasan KTT menyebabkan pengunjuk rasa bertambah berani, terpaksa polisi meminta tambahan 900 hingga 1.000 personel dari negara-negara bagian lain di Jerman untuk memperkuat,” Kepala Kepolisian Kota Ralf Martin Meyer mengatakan kepada wartawan.

“Kami fokus pada mengamakan koridor-koridor guna menjamin jalan bagi konvoi (para pemimpin) bersih tanpa halangan,” ujar Meyer.

“Kami harus siaga atas segala kemungkinan yang terjadi, dan kami waspada,” imbuhnya.

Polisi menyatakan kekerasan yang pecah selama aksi-aksi protes pada Kamis berlanjut hingga Jumat dengan para pengunjuk rasa dari kelompok kiri jauh telah merobek roda-roda sebuah mobil milik delegasi G20 asal Kanada dengan senjata tajam dan memecahkan kaca-kaca konsulat Mongolia.

Seorang juru bicara polisi mengatakan hanya sedikit pengunjuk rasa dari kiri jauh atau anarkis terlibat dalam kekerasan-kekerasan, dengan mayoritas dari sekitar 100.000 pengunjuk rasa di kota itu masih tetap damai. Sebanyak 12.000 orang ikut serta dalam aksi utama.

Pada Jumat, kelompok-kelompok lebih kecil dari pemerotes menyerang mobil-mobil polisi yang kosong atau dijaga petugas, satu di antara mobil-mobil itu dibakar, kata polisi.

Salah satu helikopter yang berpatroli di ruang udara kota itu hampir terkena sebuah roket, kata polisi dalam sebuah pernyataan. Pada Kamis pilot-pilot sebuah helikopter lain menglami luka di bagian mata akibat sinar laser diarahkan langsung ke mereka.

Polisi mengatakan mereka terus membersihkan penghalang di jalan raya di sekitar Hamburg.

Sedikitnya 15 orang ditangkap dan puluhan lagi ditahan untuk dimintai keterangan. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.