Evan Dimas

Evan Dimas Pamit dari Bhayangkara FC

Pemimpin Catalonia Minta Berunding dengan Madrid

0
Mariano Rajoy dan Carles Puigdemont
PM Spanyol Mariano Rajoy (kiri) dan Presiden Catalonia Carles Puigdemont (kanan)

MADRID, SERUJI.CO.ID – Pemimpin Catalonia Carles Puigdemont pada Senin (16/10) tidak menyatakan kemerdekaan Catalonia dari Spanyol dan hal tersebut membuka jalan bagi pemerintah pusat menguasai wilayah tersebut dan mengaturnya secara langsung.

Wilayah kaya tersebut mengancam melepaskan diri setelah referendum pada 1 Oktober, yang oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol dianggap tidak sah. Hal tersebut membuat Spanyol terjerumus dalam kemelut politik terburuk sejak kudeta militer pada 1981.

Puigdemont membuat pernyataan simbolik kemerdekaan pada Selasa, namun menangguhkannya beberapa detik kemudian dan meminta perundingan dengan Madrid mengenai masa depan wilayah tersebut.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy memberikan Puigdemont waktu hingga pukul 10.00 waktu setempat untuk memperjelas sikapnya dan hingga Kamis untuk berubah pikiran jika dia bersikeras untuk itu serta mengatakan bahwa Madrid akan menangguhkan otonomi Catalonia jika ia memilih kemerdekaan.

Rajoy mengatakan bahwa Puigdemont harus menjawab persyaratan formal dengan jawaban sederhana “Ya” atau “Tidak”, dan setiap tanggapan yang ambigu akan dianggap sebagai konfirmasi bahwa sebuah deklarasi kemerdekaan telah dibuat.

Puigdemont tidak secara langsung menjawab pertanyaan tersebut dalam suratnya kepada Rajoy, yang dipublikasikan oleh media Catalonia setempat.

Pemimpin Catalonia mengatakan bahwa keduanya harus bertemu sesegera mungkin untuk membuka dialog selama dua bulan ke depan.

“Tawaran kami untuk dialog adalah hal yang tulus dan jujur. Selama dua bulan ke depan, tujuan utama kami adalah mengadakan dialog ini dan bahwa semua pihak internasional, institusi dan tokoh Spanyol dan Catalonia yang telah mengungkapkan kemauan untuk membuka jalan dialog dapat mengadakan penyelidikan, ” demikian Puigdemont dalam suratnya.

“Dengan cara ini, kami akan memeriksa komitmen masing-masing pihak untuk menemukan solusi yang telah disepakati,” kata Puigdemont.

Kantor Perdana Menteri Spanyol tidak dapat segera memberikan konfirmasi apakah surat tersebut telah diterima dan menolak komentar lebih lanjut.

Pernyataan kemerdekaan akan memicu Pasal 155 dari konstitusi 1978, yakni pemerintah di Madrid dapat menerapkan peraturan langsung kepada 17 masyarakat mandiri Spanyol mana pun jika mereka melanggar hukum.

Jika dilanggar, pemerintah pusat dapat memecat pemerintah daerah dan membentuk pemerintahan baru, mengendalikan polisi dan keuangan, serta mengadakan pemilihan umum dini. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Gebyar Anak Bangsa

Satlantas Polresta Yogyakarta Sosialisasi Keselamatan Anak di Jalan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Untuk menggugah kesadaran pengguna jalan, Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Selain himbauan kepada para pengguna jalan, sosialisasi...
Muhammad Fawaid

Gandeng PKS, Gerindra Siapkan Pasangan EMAS di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra memunculkan nama baru di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Nama yang digadang-gadang akan diusung Gerindra bersama partai Koalisinya yaitu Partai...
Kunjungan BPJS

Dirut BPJS Kesehatan Tinjau Pelayanan RS di Medan

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris meninjau RS Bunda Thamrin, Medan yang merupakan salah satu rumah sakit...
Kelompok Kriminal Bersenjata

Polisi Ungkap Aksi Kejahatan Kelompok Separatis di Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Polisi di Provinsi Papua mengungkap aksi kekerasan dan kejahatan yang dilakukan kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN...
Khofifah Indar Parawansa

Spanduk Golkar Dukung Khofifah Bertebaran di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Spanduk berlambang Golkar mendukung bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mulai bertebaran di sejumlah titik di Kota Surabaya. Spanduk...
Spanduk dukungan Setnov ke RK

Spanduk Dukungan dari Setnov Bertebaran, Ini Respon Ridwan Kamil

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Kandidat calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, enggan mengomentari beredarnya spanduk dan baliho yang bergambar dirinya bersama ketua DPP Golkar, Setya Novanto...