Muslim Selamatkan Korban Kebakaran Apartemen di London

LONDON – Muslim yang terbangun untuk beribadah di malam bulan Ramadhan disebut-sebut telah membantu menyelamatkan nyawa setelah melihat api menjalar di Grenfell Tower, London Barat, Rabu dini hari (13/6).

Menurut laporan The Independent, api pecah tidak lama setelah tengah malam ketika banyak orang yang tinggal di dalam blok menara sedang tertidur.

Warga bercerita mereka tidak mendengar alarm kebakaran saat api mulai menjalar di gedung 24 lantai di London Barat tersebut.

Mereka justru mendapat peringatan dari warga sekitar, beberapa di antaranya adalah warga Muslim yang sedang bangun beribadah tengah malam di bulan Ramadan. Mereka termasuk orang-orang pertama yang melihat api itu.

Salah seorang saksi mata, Andre Barroso, 33, mengatakan kepada The Independent, “Muslim berperan besar dalam mengajak banyak orang keluar.

“Sebagian besar orang yang saya lihat adalah Muslim, mereka juga menyediakan makanan dan pakaian,” imbuhnya.

kebakaran kondon
Warga, sebagian di antaranya Muslim, berkumpul setelah kejadian kebakaran. (Foto: EPA)

Masjid, gereja dan kuil setempat bergerak tanggap membuka pintu untuk membantu orang-orang yang terjebak dalam kebakaran besar itu.

Masyarakat setempat berkumpul untuk membantu ratusan orang yang tinggal di dalam Grenfell Tower, blok apartemen yang telah dimangsa si jago merah selepas tengah malam.

Pusat tanggap bencana tersebut dikoordinasikan di Gereja St Clements, di daerah setempat. Namun banyak tempat ibadah di sekitar area North Kensington membuka pintu untuk menawarkan perlindungan, dukungan dan makanan bagi warga yang terkena bencana.

Pengurus masjid terdekat yaitu Masjid Al-Manaar mengatakan, “Siapapun dari agama manapun atau tidak beragama dipersilakan untuk masuk dan beristirahat, tidur, minum air dan makan makanan yang telah disediakan”.

Staf dan relawan dari masjid tersebut juga mengantarkan makanan dan minuman ke daerah setempat. Mereka hanyalah satu dari sekian banyak kelompok Muslim dan kelompok agama lainnya yang menawarkan bantuan kepada mereka yang terjebak dalam bencana tersebut.

Beberapa dari mereka datang dari ujung London dan menawarkan bantuan dengan berbagai cara.

Dalam kebakaran tersebut, enam orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya dirawat di lima rumah sakit terdekat. (M.Gauzal/IwanY)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER