Madrid Minta Puigdemont Ikuti Pemilihan di Catalonia

MADRID, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Spanyol akan menyambut baik jika Presiden Catalonia yang dipecat, Carles Puigdemont, mengikuti pemilihan di wilayah itu yang akan diselenggarakan pada Desember. Demikian disampaikan juru bicara pemerintah Spanyol Inigo Mendez de Vigo kepada Reuters TV, Sabtu (28/10).

“Jika Puigdemont ingin terus berkiprah di politik, yang merupakan haknya, menurut saya dia perlu menyiapkan diri untuk (mengikuti) pemilihan berikutnya,” kata Mendez.

Sebelumnya pada Sabtu, Puigdemont mendesak kalangan demokratik untuk menentang pengambilalihan pemerintahan Catalonia oleh Madrid, menyusul pernyataan kemerdekaan wilayah itu.

“Saya sangat yakin bahwa kalau Puigdemont mengambil bagian dalam pemilihan ini, ia bisa menjalankan oposisi demokrasi ini,” ujarnya.

Setelah membubarkan parlemen Catalonia dan memecat pemerintahan wilayah itu pada Jumat, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan bahwa pemilihan baru akan dilangsungkan di Catalonia pada 21 Desember.

Mendez de Vigo juga mengatakan ia percaya bahwa kepolisian wilayah Catalonia akan mematuhi hukum setelah pemerintah pusat memecat para pejabat daerah.

Ia mengatakan jika Puigdemont menolak meninggalkan kantornya, pemerintah akan bertindak secara “cerdas dan dengan akal sehat”.

Ketika ditanya apa yang akan terjadi jika Puigdemont harus dibawa ke pengadilan, Mendez menjawab bahwa di Spanyol kekuasaan peradilan terpisah dari kekuasaan politik.

“Dan tidak ada seorang pun yang berada di atas hukum,” kata Mendez. (Reuters/Ant/SU02).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER