Kelas Pendidikan Islam Dibuka di Split, Kroasia

Mufti Aziz Hasanovic

SPLIT – Sebuah kelas untuk pendidikan agama Islam, yang peralatan secara finansial dibantu pemerintah kota, dibuka di kota pesisir Split di Kroasia. Demikian dikabarkan kantor berita AhlulBayt, Sabtu (25/2).

Dalam upacara pembukaan kelas pada Jumat itu, hadir antara lain ketua komunitas Islam di Kroasia, Mufti Aziz Hasanovic. Dalam sambutannya, Hasanovic mengatakan kunci untuk mencegah ekstrimisme dan radikalisme adalah pendidikan.

“Kami bangga mengatakan bahwa kita di Kroasia tidak memiliki orang yang berangkat ke medan perang asing, dan bahwa kita tidak memiliki masalah. Semua berkat tempat-tempat belajar seperti ini, di mana anak-anak diajarkan nilai-nilai iman yang sebenarnya,” kata Hasanovic.

Mengomentari hubungan antara lembaga negara Kroasia dan masyarakat Islam, Hasanovic mengatakan itu hubungan terbaik yang ditata peraturan. Tidak hanya untuk skala Eropa tetapi pada skala global.

Kepala Komunitas Majlis Islam Split, Vahid Hadzic, membeberkan kota Split memiliki komunitas sekitar 1.000 muslim Bosnia, ada sekitar 2.300 muslim Bosnia di Kabupaten Split, dan 103 anak-anak menghadiri kelas agama Islam.

“Anak-anak akan menghadiri kelas agama di kelas baru. Ini sangat penting bagi kami. Menurut peraturan, anak-anak lain boleh menghadiri kelas agama Islam di sekolah-sekolah di mana setidaknya ada tujuh anak-anak Muslim,” kata Hadzic.

Split adalah kota terbesar kedua di Kroasia, setelah ibukota Zagreb. Kroasia terletak di sisi tenggara Eropa. Negara ini terbentuk dari pecahan Yugoslavia akibat perang saudara 1990-an. Korasia memerdekakan diri pada 1991, beriringan dengan merdekanya Slovenia, Bosnia-Herzegovina, dan Makedonia, serta Serbia dan Montenegro yang melanjutkan Yugoslavia. Etnik Bosnia umumnya Muslim. Selain tinggal di Bosnia-Herzegovina, etnik ini juga menyebar di beberapa daerah lain bekas Yugoslavia.

EDITOR: Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.