Jurnalis Investigasi Terkenal di Malta Tewas Akibat Ledakan Bom

VALETTA, SERUJI.CO.ID – Daphne Caruana Galizia, jurnalis investigasi paling terkenal di Malta, tewas pada Senin (16/10) ketika sebuah bom meledakkan mobilnya, menurut keterangan polisi mengenai kasus yang mengejutkan di pulau Mediterania kecil itu.

Caruana Galizia, 53 tahun, mengelola sebuah blog yang sangat populer, di mana dia terus-menerus menyoroti kasus dugaan korupsi tingkat tinggi yang menarget politisi dari berbagai partai.

“Ada penjahat di mana pun Anda melihat sekarang. Situasinya sangat menyedihkan,” tulisnya di sebuah blog yang diterbitkan di situsnya, hanya setengah jam sebelum sebuah ledakan menghancurkan mobilnya.

Penduduk setempat mengatakan bahwa Caruana Galizia baru saja meninggalkan rumahnya dan berada di sebuah jalan dekat desa Bidnija di utara Malta saat bom tersebut meledak, dan membuat mobilnya terbang ke lapangan yang berdekatan.

Perdana Menteri Maltese Joseph Muscat, yang menghadapi tuduhan atas melakukan kesalahan oleh Caruana Galizia pada awal tahun ini, mengutuk pembunuhannya, menyebutnya sebagai “serangan barbar terhadap kebebasan pers”.

Dia mengumumkan bahwa Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) telah sepakat untuk membantu polisi setempat menyelidiki pembunuhan tersebut dan segera terbang ke pulau tersebut sesegera mungkin.

“Saya tidak akan beristirahat sampai saya melihat keadilan dilakukan dalam kasus ini,” ujarnya dalam sebuah pernyataan, menyerukan persatuan nasional.

Sekitar 3.000 orang mengheningkan cipta sambil menyalakan lilin pada Selasa petang di Sliema, tepat di luar wilayah Valletta.

Tagar #JeSuisDaphne beredar luas di kalangan pengguna media sosial di pulau berpenduduk 400.000 orang, yang merupakan negara terkecil di Uni Eropa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER