Beroperasi Tanpa Izin, Sopir Uber Akan Dikenakan Denda Tiap Penumpang

DENMARK, SERUJI.CO.ID – Mahkamah Agung Denmark meratifikasi denda untuk empat pengemudi Uber yang beroperasi secara ilegal, aturan ini kemungkinan akan diperluas ke ribuan pengemudi lainnya di negara tersebut.

Salah seorang dari empat pengemudi tersebut, diberitakan Reuters, didenda 78.060 dolar AS karena tidak memiliki izin dan melanggar aturan mengenai operasional taksi di Denmark.

“Kami sangat kecewa dan prioritas utama kami saat ini mendukung mereka di masa yang sulit ini,” kata juru bicara Uber seperti dikuti dari Reuters, Jumat (14/9).

Koran Berlingske melaporkan Uber akan membayar denda apa pun yang dikenakan pada mitra pengemudi mereka.

Uber akan mengubah model bisnis mereka dan akan menyesuaikan dengan undang-undang yang berlaku di Eropa, yaitu berhubungan dengan pengemudi yang sudah memiliki izin.

Baca juga: Jika Taksi Online dan Konvensional Masih Ribut, Menko Luhut: Totok Saja Kepalanya

Uber Technologies Inc beroperasi di Denmark sejak 2014, namun, menuai kecaman dari serikat sopir taksi, perusahaan dan politikus karena mereka menimbulkan kompetisi yang tidak adil. Uber dinilai tidak memenuhi standar yang diperlukan untuk perusahaan taksi.

Berkaca dari kasus di atas, polisi dapat mengeluarkan denda untuk setiap tumpangan dari 1.500 sopir Uber yang beroperasi pada 2014-2017.

Juru bicara kepolisian Kopenhagen menyatakan akan memeriksa putusan tersebut dan memberikan keputusan bagaimana menjalankannya pekan depan.

Parlemen pada Februari 2017 mengesahkan undang-undang yang memperketat persyaratan untuk taksi, antara lain wajib memiliki argometer dan sensor di kursi. Undang-undang ini mendorong Uber untuk mundur dari negara tersebut.

Uber sebelumnya mengatakan akan membayar denda apa pun yang diberikan kepada para pengemudi, menurut surat kabar Denmark Berlingske. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Ghazwul Fikri dan Media

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.