Belgia Akan Larang Pemotongan Hewan Secara Halal

4
261
kosher
Praktik penyembelihan hewan ternak secara halal akan dilarang di Belgia. (FOTO: Getty Images/AFP/Frederic Florin)

BELGIA – Dua wilayah besar di Belgia, Wallooon dan Flemish, telah sepakat untuk menerapkan undang-undang pelarangan penyembelihan hewan tanpa pemingsanan (metode stunning) terlebih dahulu.

Hal ini kemudian mendapatkan pertentangan dari komunitas Muslim dan Yahudi yang merupakan minoritas di wilayah tersebut.

Penyembelihan hewan hidup-hidup, seperti yang dikenal dalam tradisi keagamaan Islam dan Yahudi, dinilai oleh aktivis hak hewan sebagai tindakan yang ‘tidak manusiawi’ dan menyakitkan hewan. Menurut mereka pemingsanan akan mengurangi penderitaan tersebut, seperti dikutip dari Independent (8/5/2017).

“Dalam masyarakat maju, adalah tugas kita untuk mengurangi penderitaan hewan sebisa mungkin,” ujar Ben Weyts, menteri regional yang mengurus kesejahteraan hewan di wilayah Flemish.

Komunitas Muslim dan Yahudi Eropa telah menunjukkan kekecewaannya terhadap langkah ini.

“Muslim sedang cemas tentang apakah mereka dapat memakan makanan halal, yang sesuai dengan ritual agama dan kepercayaannya,” ucap juru bicara Eksekutif Muslim Belgia.

Moshe Kantor, Presiden Kongres Yahudi Eropa, bahkan mengatakan bahwa keputusan ini telah mengirimkan pesan yang buruk kepada komunitas Yahudi bahwa mereka tidak lagi diterima di benua ini.

Undang-undang baru ini akan mulai diberlakukan pada Januari 2019 di daerah Flemish, dan pada September 2019 di Wallooon.

Negara-negara yang telah melarang penyembelihan tanpa pemingsanan terlebih dahulu antara lain adalah Denmark, Swiss, dan Selandia Baru.

 

CJ: M. Gauzal Asnawi
EDITOR: Iwan Y

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

4 KOMENTAR

  1. Untuk nama daerah lebih pas disebut Flanders, karena Flemish sendiri merupakan komunitas/warga Belgia yang menempati wilayah Flanders dan berbahasa Dutch atau orang Belgia sendiri menyebut bahasanya Flemish.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU