Anggota Parlemen Global Serukan Diakhirinya Intoleransi, Rasa Tak Percaya, dan Kerusuhan

0
53
Sidang Umum IPU Ke-137 di St. Petersburg, Federasi Rusia
Tempat diselenggarakannya Sidang Umum Uni Antar-Parlemen (IPU) Ke-137 di St. Petersburg, Federasi Rusia. (Foto: turkemenistan.gov.tm)

JENEWA, SERUJI.CO.ID – Anggota parlemen dari 155 negara dan wilayah pada Rabu (18/10) menyampaikan komitmen bagi terwujudnya kemajemukan budaya dan perdamaian melalui dialog antar-etnik dan antar-agama, kata Uni Antar-Parlemen (IPU), Rabu.

Organisasi yang berpusat di Jenewa, Swiss, itu mengatakan dalam penutupan Sidang Umum Ke-137-nya di St. Petersburg, Federasi Rusia, Parlemen Anggota IPU mengeluarkan deklarasi yang menyerukan transpraansi, pertanggung-jawaban dan dihormatinya hak asasi manusia serta ketentuan hukum sebagai dasar bagi pembangunan keragaman yang damai dan berkesinambungan.

Menurut IPU, semua tindakan yang telah disepakati akan dilakukan anggota parlemen di dunia meliputi pencegahan diskriminasi dan pelanggaran hak asasi manusia yang berkaitan dengan agama dan suku, mendorong dialog lokal dan nasional guna menciptakan masyarakat multi-budaya dan melibatkan semua pihak, meningkatkan pendidikan masyarakat dan memperkuat parlemen.

“Lebih dari 800 anggota parlemen memiliki satu ambisi untuk mendorong toleransi, dan telah mengatakan dengan satu suara bahwa ujaran kebencian dan kata-kata perpecahan tak mempunyai tempat di masyarakat yang damai,” kata Saber Chowdhury, sebagaimana dikutip Xinhua, pada Kamis (19/10). Chowdhury baru saja melepaskan jabatan sebagai Presiden IPU.

“Saya berpendapat perlu untuk mendorong pembahasan mengenai topik utama Sidang, kemajemukan budaya, pada tingkat global dalam konferensi dunia yang mendorong dialog antar-peradaban dan antar-agama dengan keikut-sertaan kepala negara dan pemimpin agama di dunia,” kata Presiden Sidang IPU Ke-137 Valentina Matvienko.

Selama sidang, anggota IPU juga memilih presiden baru, yang digambarkan sebagai pemungutan suara bersejarah karena untuk pertama kali dua perempuan mengajukan pencalonan mereka untuk jabatan tersebut.

Presiden yang baru terpilih adalah Gabriela Cuevas dari Meksiko.

“Suatu kehormatan untuk mengikuti jejak Saber. Saya berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan yang telah ia mulai, dan membawa IPU ke tingkat baru pencapaian dan pengaruh global,” kata Cuevas.

IPU juga telah menyambut kedatangan Uzbekistan, Turkmenistan, Vanuatu dan Kepulauan Marshall sebagai anggota baru, sehingga anggotanya bertambah jadi 177 Parlemen Anggota. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...