Anggota Parlemen Global Serukan Diakhirinya Intoleransi, Rasa Tak Percaya, dan Kerusuhan

0
23
Sidang Umum IPU Ke-137 di St. Petersburg, Federasi Rusia
Tempat diselenggarakannya Sidang Umum Uni Antar-Parlemen (IPU) Ke-137 di St. Petersburg, Federasi Rusia. (Foto: turkemenistan.gov.tm)

JENEWA, SERUJI.CO.ID – Anggota parlemen dari 155 negara dan wilayah pada Rabu (18/10) menyampaikan komitmen bagi terwujudnya kemajemukan budaya dan perdamaian melalui dialog antar-etnik dan antar-agama, kata Uni Antar-Parlemen (IPU), Rabu.

Organisasi yang berpusat di Jenewa, Swiss, itu mengatakan dalam penutupan Sidang Umum Ke-137-nya di St. Petersburg, Federasi Rusia, Parlemen Anggota IPU mengeluarkan deklarasi yang menyerukan transpraansi, pertanggung-jawaban dan dihormatinya hak asasi manusia serta ketentuan hukum sebagai dasar bagi pembangunan keragaman yang damai dan berkesinambungan.

Menurut IPU, semua tindakan yang telah disepakati akan dilakukan anggota parlemen di dunia meliputi pencegahan diskriminasi dan pelanggaran hak asasi manusia yang berkaitan dengan agama dan suku, mendorong dialog lokal dan nasional guna menciptakan masyarakat multi-budaya dan melibatkan semua pihak, meningkatkan pendidikan masyarakat dan memperkuat parlemen.

“Lebih dari 800 anggota parlemen memiliki satu ambisi untuk mendorong toleransi, dan telah mengatakan dengan satu suara bahwa ujaran kebencian dan kata-kata perpecahan tak mempunyai tempat di masyarakat yang damai,” kata Saber Chowdhury, sebagaimana dikutip Xinhua, pada Kamis (19/10). Chowdhury baru saja melepaskan jabatan sebagai Presiden IPU.

“Saya berpendapat perlu untuk mendorong pembahasan mengenai topik utama Sidang, kemajemukan budaya, pada tingkat global dalam konferensi dunia yang mendorong dialog antar-peradaban dan antar-agama dengan keikut-sertaan kepala negara dan pemimpin agama di dunia,” kata Presiden Sidang IPU Ke-137 Valentina Matvienko.

Selama sidang, anggota IPU juga memilih presiden baru, yang digambarkan sebagai pemungutan suara bersejarah karena untuk pertama kali dua perempuan mengajukan pencalonan mereka untuk jabatan tersebut.

Presiden yang baru terpilih adalah Gabriela Cuevas dari Meksiko.

“Suatu kehormatan untuk mengikuti jejak Saber. Saya berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan yang telah ia mulai, dan membawa IPU ke tingkat baru pencapaian dan pengaruh global,” kata Cuevas.

IPU juga telah menyambut kedatangan Uzbekistan, Turkmenistan, Vanuatu dan Kepulauan Marshall sebagai anggota baru, sehingga anggotanya bertambah jadi 177 Parlemen Anggota. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

HIV positif

Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017. "Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif...

Kapolda Papua Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Asmat

ASMAT, SERUJI.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan sanak keluarganya yang menderita penyakit campak dan gizi buruk di...

TNI Kerahkan Dua Helikopter Kirim Obat ke Asmat

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Markas Besar TNI mengerahkan dua unit helikopter untuk mengirim obat-obatan guna membantu menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat,...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...