Swiss Pastikan Lolos ke Piala Dunia 2018

Evan Dimas

Evan Dimas Pamit dari Bhayangkara FC

Anggota Parlemen Global Serukan Diakhirinya Intoleransi, Rasa Tak Percaya, dan Kerusuhan

0
Sidang Umum IPU Ke-137 di St. Petersburg, Federasi Rusia
Tempat diselenggarakannya Sidang Umum Uni Antar-Parlemen (IPU) Ke-137 di St. Petersburg, Federasi Rusia. (Foto: turkemenistan.gov.tm)

JENEWA, SERUJI.CO.ID – Anggota parlemen dari 155 negara dan wilayah pada Rabu (18/10) menyampaikan komitmen bagi terwujudnya kemajemukan budaya dan perdamaian melalui dialog antar-etnik dan antar-agama, kata Uni Antar-Parlemen (IPU), Rabu.

Organisasi yang berpusat di Jenewa, Swiss, itu mengatakan dalam penutupan Sidang Umum Ke-137-nya di St. Petersburg, Federasi Rusia, Parlemen Anggota IPU mengeluarkan deklarasi yang menyerukan transpraansi, pertanggung-jawaban dan dihormatinya hak asasi manusia serta ketentuan hukum sebagai dasar bagi pembangunan keragaman yang damai dan berkesinambungan.

Menurut IPU, semua tindakan yang telah disepakati akan dilakukan anggota parlemen di dunia meliputi pencegahan diskriminasi dan pelanggaran hak asasi manusia yang berkaitan dengan agama dan suku, mendorong dialog lokal dan nasional guna menciptakan masyarakat multi-budaya dan melibatkan semua pihak, meningkatkan pendidikan masyarakat dan memperkuat parlemen.

“Lebih dari 800 anggota parlemen memiliki satu ambisi untuk mendorong toleransi, dan telah mengatakan dengan satu suara bahwa ujaran kebencian dan kata-kata perpecahan tak mempunyai tempat di masyarakat yang damai,” kata Saber Chowdhury, sebagaimana dikutip Xinhua, pada Kamis (19/10). Chowdhury baru saja melepaskan jabatan sebagai Presiden IPU.

“Saya berpendapat perlu untuk mendorong pembahasan mengenai topik utama Sidang, kemajemukan budaya, pada tingkat global dalam konferensi dunia yang mendorong dialog antar-peradaban dan antar-agama dengan keikut-sertaan kepala negara dan pemimpin agama di dunia,” kata Presiden Sidang IPU Ke-137 Valentina Matvienko.

Selama sidang, anggota IPU juga memilih presiden baru, yang digambarkan sebagai pemungutan suara bersejarah karena untuk pertama kali dua perempuan mengajukan pencalonan mereka untuk jabatan tersebut.

Presiden yang baru terpilih adalah Gabriela Cuevas dari Meksiko.

“Suatu kehormatan untuk mengikuti jejak Saber. Saya berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan yang telah ia mulai, dan membawa IPU ke tingkat baru pencapaian dan pengaruh global,” kata Cuevas.

IPU juga telah menyambut kedatangan Uzbekistan, Turkmenistan, Vanuatu dan Kepulauan Marshall sebagai anggota baru, sehingga anggotanya bertambah jadi 177 Parlemen Anggota. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Gebyar Anak Bangsa

Satlantas Polresta Yogyakarta Sosialisasi Keselamatan Anak di Jalan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Untuk menggugah kesadaran pengguna jalan, Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Selain himbauan kepada para pengguna jalan, sosialisasi...
Muhammad Fawaid

Gandeng PKS, Gerindra Siapkan Pasangan EMAS di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra memunculkan nama baru di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Nama yang digadang-gadang akan diusung Gerindra bersama partai Koalisinya yaitu Partai...
Kunjungan BPJS

Dirut BPJS Kesehatan Tinjau Pelayanan RS di Medan

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris meninjau RS Bunda Thamrin, Medan yang merupakan salah satu rumah sakit...
Kelompok Kriminal Bersenjata

Polisi Ungkap Aksi Kejahatan Kelompok Separatis di Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Polisi di Provinsi Papua mengungkap aksi kekerasan dan kejahatan yang dilakukan kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN...
Khofifah Indar Parawansa

Spanduk Golkar Dukung Khofifah Bertebaran di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Spanduk berlambang Golkar mendukung bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mulai bertebaran di sejumlah titik di Kota Surabaya. Spanduk...
Spanduk dukungan Setnov ke RK

Spanduk Dukungan dari Setnov Bertebaran, Ini Respon Ridwan Kamil

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Kandidat calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, enggan mengomentari beredarnya spanduk dan baliho yang bergambar dirinya bersama ketua DPP Golkar, Setya Novanto...